Ratusan Peserta Ikuti Seminar Nasional Mutu Pendidikan Madrasah di Kapuas

Ratusan Peserta Ikuti Seminar Nasional Mutu Pendidikan Madrasah di Kapuas

KEGIATAN Seminar Nasional Mutu Pendidikan Madrasah di Kapuas.| foto : zulkifli

KUALA KAPUAS - Ratusan peserta dari praktisi pendidikan madrasah ambil bagian dalam kegiatan Seminar Nasional Mutu Pendidikan Madrasah di Aula Kantor Kemenag Kapuas, Jalan Tambun Bungai Kuala Kapuas, Selasa (5/7/2022).

Kegiatan yang digelar Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah (KKMTs) Provinsi Kalteng itu mengusung tema 'Eksistensi Madrasah dalam Meningkatkan Daya Saing'.

Acara secara resmi dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Tengah, Dr H Noor Fahmi MM.

"Dengan kegiatan seminar ini diharapkan para pengelola madrasah atau praktisi pendidikan di Madrasah bisa menambah wawasan dan keterampilannya," kata Kakanwil Kemenag Kalteng, dalam sambutannya.

Sementara, Ketua KKMTs Propinsi Kalteng, Murjani yang saat ini menjabat Kepala MTsN 2 Palangkaraya mengatakan, KKM merupakan forum dari Kepala-kepala madrasah sebagai wadah membangun kerja sama eksternal dengan berbagai pihak untuk kemajuan profesi Kepala madrasah, guru dan tenaga kependidikan, serta mengembangkan kelembagaan madrasah.

“Kegiatan seminar merupakan salah satu upaya, kerjasama tersebut dalam rangka memajukan dan mengembangkan kelembagaan madrasah, disamping itu sebagai upaya mendorong peningkatan pengetahuan tenaga pendidik dan kependidikan, kepala madrasah tentang strategi peningkatan mutu madrasah yang unggul dan berdaya saing tinggi," katanya.

Ditambahkan Kepala MTsN 1 Kapuas Arbainsyah selaku Ketua Pelaksana mengatakan, kegiatan seminar  dilaksanakan melalui tatap muka dan zoom.

"Untuk peserta terdiri dari Kepala Madrasah, Guru, tenaga kependidikan, mahasiswa serta praktisi dan penggiat pendidikan,” kata Arbainsyah.

Total peserta sebanyak, 565 orang, terdiri dari peserta daring of line, luring of line, daring online dan daring online.

Seminar ini menghadirkan nara sumber diantaranya Prof Dr HM Iim Wasliman Mpd direktur sekolah pasca sarjana Uninus Bandung, Prof Dr Ade Tuty R Rosa M, MPd Ketua Program studi S3 manajemen pendidikan Unimus Bandung dan Dr Ujang Nurjaman M.Ag yang merupakan Wakil Direktur Sekolah Pasca sarjana Unimus Bandung.[zulkifli]


Lebih baru Lebih lama