Peringati Harganas 2022, DP3APPKB dan Dinkes Kapuas Gelar Pelayanan KB Sejuta Akseptor

KEGIATAN Pelayanan KB Sejuta Akseptor di Kabupaten Kapuas.| foto : diskominfokps

KUALA KAPUAS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas, Kalteng, melalui Dinas Pemberdayan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes), menggelar pelayanan Keluarga Berencana (KB) Sejuta Akseptor, kegiatan dibuka di UPT Puskesmas Selat, Kuala Kapuas Kamis, 16 Juni 2022.

Tema yang diusung dalam kegiatan kali ini adalah 'Ayo Cegah Stunting Agar Keluarga Bebas Stunting'.

Kegiatan itu juga ditinjau langsung Sekda Kapuas, Drs Septedy MSi dan dihadiri perwakilan kantor BKKBN Provinsi Kalteng, dr Amalia Dwi Susanti.

Pelayanan Keluarga Berencana (KB) Sejuta Akseptor digelar memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 tahun 2022 yang jatuh setiap tanggal 29 Juni.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kapuas, dr Tri Setyautami mengatakan kegiatan digelar serentak di 26 Puskesmas se-Kabupaten Kapuas, 15 sampai 17 Juni 2022.

"Pelayanan program KB yang diberikan dalam kegiatan itu di antaranya IUD, implan, suntik, pil, kondom, vasektomi dan tubektomi," kata dr Try, dikutip dari situs Dismominfo Kapuas, Sabtu (18/6/2022).

Dalam kegiatan pelayanan KB sejuta akseptor ini Dinas P3APPKB menyediakan alat kontrasepsi dan akseptornya sementara Dinas Kesehatan menyediakan tenaga kesehatan yang terampil terdiri dari bidan dan paramedis.

"Tugas mereka ini untuk memberikan pelayanan dan edukasi kepada masyarakat agar mereka yakin dengan pemasangan kontrasepsi karena memiliki tujuan untuk kesehatan antara dengan menjarangkan kehamilan, mensukseskan pemberian Asi Eksklusif serta mendukung pencegahan lahirnya stunting," papar dr Try.

Sebelumnya, Plt Kepala Dinas  P3APPKB Kapuas Dra Apollonia Septedy menambahkan, kegiatan akseptor KB ini  merupakan kegiatan nasional yang digelar serentak di seluruh Indonesia.

"Dengan adanya program ini dapat dimanfaatkan oleh warga Kabupaten Kapuas, agar bisa memiliki keluarga yang sehat," imbaunya.[zulkifli]


loading...