Menuju Kerjasama antar Daerah Perbatasan, Pemkab Paser Kunker ke Kotabaru

KOTABARU - Pemerintah Kabupaten Kotabaru menerima kunjungan dari rombongan Asisten Pemerintah dan Kesra Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, Selasa (28/6/2022).

Kedatangan mereka disambut hangat Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Drs H Akhmad Rivai di ruang kerjanya. 

Rivai mengucapkan selamat datang dan mengapresiasi atas kedatangan Pemkab Paser dalam rangka penjajakan kerjasama antar Kabupaten Paser dengan Kabupaten Kotabaru. 

Selain itu, Rivai juga menyampaikan, dalam rangka memenuhi standar pelayanan yang memang diperlukan untuk masyarakat, misal di bidang pendidikan, kesehatan, dan air mineral di perbatasan Sengayam yang kini sudah dibangun Rumah Sakit.

Di hadapan Asisten Pemerintah dan Kesra Pemkab Paser, Romif Erwinadi, Ia mengatakan, mulai dari kondisi geografisnya, kependudukan dan potensi ekonominya hingga pariwisata, pihaknya sudah berbincang banyak.

Sementara, Romif juga menyampaikan, Kabupaten Paser dulunya pemekaran dari wilayah Kabupaten Kotabaru dan sekarang menjadi perbatasan. Dengan adanya Peraturan Mendagri, wajib bagi daerah untuk melaksanakan kerjasama.

"Di mana peraturan Mendagri nomor 22 tahun 2020 tentang kerjasama antar daerah memang diwajibkan bagi daerah-daerah perbatasan untuk bekerjasama dalam kepentingan masyarakat," katanya. 

Kabupaten Kotabaru, lanjutnya, sangat luar biasa dan ini merupakan yang pertama kali ke Kotabaru. Ini bisa menjadi contoh bagi Kabupaten Paser, di mana kombinasi pemerintah dengan pariwisata serta UMKM sangat menarik.

"Sehingga di mana letak Kantor Bupati di depannya bertepatan tempat wisata dan kulinernya. Adapun tujuan dari Pemerintah Kabupaten Paser berkunjung ke Kabupaten Kotabaru ini untuk merencanakan kerjasama antara daerah," bebernya.

Ini dilakukan demi keterpaduan pembangunan antar daerah untuk mewujudkan efisiensi, efektifitas dan sinergi dalam pengembangan pelayanan kepada masyarakat dalam pemanfaatan sumber daya, dan meningkatkan kualitas pemerintah, pembangunan, perekonomian daerah serta kesejahteraan masyarakat.[zainuddin]


loading...