Legislator Ini Fasilitasi Kuliah Gratis, Kuota 70 Orang

KOTABARU - Reses di Desa Gunung Batu Besar, tampaknya cukup berkesan bagi generasi muda di desa itu. Pasalnya, Anggota DPRD Kotabaru, Rabbiansyah memfasilitasi kuliah gratis untuk 70 orang.

Reses di daerah pemilihannya Dapil 3, Minggu (26/6/2022) ini menjadi titik akhir reses Rabbiansyah, dari 9 titik kegiatan resesnya.

Legislator yang akrab disapa Roby ini sendiri mengunjungi 5 Kecamatan, di Dapil 3, mulai Kecamatan Pamukan Barat, Kecamatan Pamukan Utara, Kecamatan Pamukan Selatan, Kecamatan Sungai Durian, dan terakhir di Kecamatan Sampanahan.

Pertemuan di Kecamatan Sampanahan dipusatkan di Aula Kantor Camat Sampanahan. Kedatangan Rabbiansyah disambut langsung Plt. Kepala Desa beserta ratusan warga.

Dalam kesempatan itu, Ia memaparkan bahwa di tahun 2021 untuk Desa Gunung Batu Besar sudah mendapatkan 1 unit Ambulans Desa, yang disisihkan dari dana aspirasi dewan lewat Dinas Kesehatan sebesar Rp275 juta.

Di tahun 2023, Desa Gunung Batu Besar juga sedang dianggarkan untuk pengadaan tandon air 1200 liter.

"Saya meminta kepada warga Desa Gunung Batu Besar yang memiliki anak lulusan SMA atau sederajat yang merasa tidak mampu untuk menguliahkan anaknya," tuturnya.

Roby siap memfasilitasi untuk mendapatkan program kuliah gratis melalui bidik misi/KIP Kuliah. Di tahun 2021, khususnya anak-anak Dapil 3 di 5 Kecamatan sudah ada 70 orang yang difasilitasi dalam program beasiswa KIP Kuliah dari Pemerintah Pusat.

Ini juga tersebar di Poltek Kotabaru, STIKIP Paris Barantai Kotabaru, STIE WP Tanah Grogot, STIPER Tanah Grogot, UNISKA Banjarmasin serta beberapa Universitas di Banjarbaru dan Banjarmasin, sebagai upaya peningkatan SDM anak-anak Dapil 3 untuk menyongsong IKN dan DOB Tanah Kambatang Lima.

"Mudah-mudahan di tahun 2022 ini ada 20 anak kembali kita fasilitasi untuk mendapatkan program KIP Kuliah, dan bisa dimudahkan, serta diberikan ruang oleh LLDikti Wilayah Kalimantan," harapnya.

Apalagi, lanjutnya, dalam program itu untuk memberikan biaya hidup masing-masing anak sebesar Rp850 ribu per bulan. 

"Ini tentu sangat membantu bagi anak-anak kami dalam upaya peningkatan SDM," pungkasnya.[zainuddin]


loading...