Disdik Bartim Gelar Lokakarya PGP 5 Angkatan Empat

Disdik Bartim Gelar Lokakarya PGP 5 Angkatan Empat

PESERTA lokakarya PGP 5 Angkatan 4 Bartim.| foto : istimewa

TAMIANG LAYANG - Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Barito Timur (Bartim) Sabai, melalui Sekretaris Disdik  Messias mengatakan bahwa baru-baru ini pihaknya menggelar lokakarya 5 Program Guru Penggerak (PGP) Angkatan 4.

"Kegiatan ini adalah lanjutan upaya transformasi menyeluruh pada satuan pendidikan Calon Guru Penggerak (CGP)," ungkapnya, Rabu (25/5/2022). 

Dengan adanya sharing, input, dan dinamika dalam penyusunan visi, misi, dan program sekolah yang berdampak kepada murid, maka CGP semakin dikuatkan oleh  inisiasi yang telah dilakukan akan keberpihakan kepada murid. 



Dijelaskan bahwa kegiatan lokakarya kali ini merupakan  episode kelima dari rangkaian kebijakan Merdeka Belajar yang diluncurkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan dijalankan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK).

Lokakarya 5 program CGP ini, lanjutnya, bertujuan untuk menyiapkan para pemimpin pendidikan Indonesia masa depan, yang mampu mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan guru di sekitarnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila.

Untuk mendukung tercapainya tujuan itu, imbuhnya, Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) dijalankan dengan menekankan pada kompetensi kepemimpinan pembelajaran (instructional leadership) yang mencakup komunitas praktik, pembelajaran sosial dan emosional, pembelajaran berdiferensiasi yang sesuai perkembangan murid, dan kompetensi lain dalam pengembangan diri dan sekolah. 

"Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Timur berharap kepada semua peserta CGP Angkatan 4 dapat mengenali komptensi dirinya dan membuat rencana aksi nyata 3 bulan kedepan guna memaksimalkan kemampuan sebagai pemimpin pembelajaran tegasnya diakhir perbincangan," tutupnya.[siti]


Lebih baru Lebih lama