Wakil Rakyat Ini Harapkan Perhatian Pemerintah kepada Perajin Purun

Wakil Rakyat Ini Harapkan Perhatian Pemerintah kepada Perajin Purun

ANGGOTA DPRD Kapuas, Kalteng, Sri Umidaryatun, saat mengunjugi perajin purun di Desa Palangkau Baru.| foto : dprd kapuas

KUALA KAPUAS - Perajin tradisional anyaman purun di Desa Palangkau Baru, Kecamatan Kapuas Murung, Kabupaten Kapuas, harapkan perhatian pemerintah daerah untuk pengembangan usaha  mereka.

Ini sebagaimana disampaikan anggota DPRD Kabupaten Kapuas, Kalteng, Sri Umidaryatun, kepada yang sempat menyambangi Desa Palangkau Baru beberapa waktu sebelumnya.

"Peran dinas dan instansi terkait diharapkan dapat mendukung keberlangsungan perajin anyaman lokal purun tersebut," ujar Sri Umi, Selasa (15/4/2022).

Lanjut wakil rakyat dari PKS ini, perajin mengharapkan bisa mendapat bantuan mesin tumbuk purun dari pemerintah, agar dapat mempermudah mereka dalam memproduksi kerajinan anyaman purun.

"Selama ini mereka mengolah anyaman purun hanya menggunakan alat tradisional sehingga dalam proses pembuatannya memakan waktu cukup lama," paparnya

Selain itu perajin purun  juga mengharapkan dapat diberikan pendampingan dan pelatihan, untuk meningkatkan usaha ekonomi kreatif tersebut agar bisa berkembang.

"Apalagi dampak dari pandemi Covid-19, solusi pemulihan ekonomi pelaku usaha tradisional semacam ini perlu support dan dukungan," imbuh dia.

Ditambahkannya, upaya untuk meningkatkan kesejahteraan bagi pelaku usaha mikro, kecil menengah ini tidak sebenarnya hanya oleh pemerintah daerah.

Semua pihak diharapkan juga turut mendukung, khususnya para pengusaha atau perusahaan melalui bantuan dan dana “corporate social responsibility” atau CSR.[zulkifli]


Lebih baru Lebih lama