Melalui Youtube, Pria Ini Perkenalkan Sejarah dan Budaya Kalimantan

ANANG Bardiansyah dan Ida Riwut.| foto : kenedy

PALANGKA RAYA - Di mata dunia, Indonesia dikenal dengan keragaman budaya, sejarah dan adat istiadatnya. Pun dengan banyaknya peninggalan cerita rakyat yang melegenda diseluruh daerah di Indonesia.

Atas dasar tersebut, Anang Bardiansyah melalui akun YouTube "Warung Jusni" mengangkat sejarah, budaya, dan cerita-cerita masa lampau khususnya di Pulai Borneo.

Kepada metrokalimantan.com, pria warga Sungai Tabuk Kapubaten Banjar, Kalimantan Selatan tersebut menuturkan, di era yang serba canggih ini dirinya manfaatkan untuk menggali dan mengenalkan apa yang ada di Kalimantan agar lebih dikenal dunia.

"Sejarah, budaya dan adat istiadat merupakan satu hal yang tidak bisa dilupakan. Oleh karena itu, melalui akun YouTube Warung Jusni ini saya berharap bisa memberikan pengetahuan tersebut, sehingga masyarakat mengenal, tahu, dan akhirnya bisa mencintainya," tutut pria yang mengaku sebagai sekuriti di salah satu instansi pemerintahan itu, Senin (18/4/2022).

Pantauan metrokalimantan.com di kanal YouTube Warung Jusni yang memiliki 20 ribuan pengikut tersebut kebanyakan video yang diunggahnya seputar sejarah perjuangan, sejarah para alim ulama atau ketokohan, dan jua adat, budaya dan tradisi sekitar Kalimantan.

Sementara itu, anak keempat dari Pahlawan Nasional Tjilik Riwut, Kameloh Ida Lestari atau yang akrab disapa Ida Riwut tersebut sangat mengapresiasi para youtuber di Indonesia, khususnya di Kalimantan yang telah mengenalkan sejarah dan budaya serta lainnya dimata dunia.

"Saya pribadi sangat mengapresiasi dengan ide para adik-adik dengan akun youtubenya menggali dan mengenalkan apa sih yang terkandung di Kalimantan ini. Dengan adanya para youtuber ini sejarah, budaya, adat istiadat kita tidak bakal punah ditelan masa," tukasnya.[kenedy]


loading...