Pencegahan Karhutla Perlu Peran Penting Tokoh Masyarakat

Pencegahan Karhutla Perlu Peran Penting Tokoh Masyarakat

SOSIALISASI Pencegahan Karhutla di Kecamatan Bukit Batu.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Tokoh masyarakat mempunyai peran yang sangat penting dalam hal memberikan edukasi tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kepada masyarakat setempat.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palangka Raya, Ahmad Zaini ketika membuka acara Sosialisasi Pencegahan Karhutla yang dilangsungkan di Aula Kantor Kecamatan Bukit Batu, Rabu (23/3/2022).

"Peran tokoh masyarakat sangat penting membantu Pemerintah mencegah terjadinya Karhutla, karena tokoh masyarakat bisa memberikan pengaruh yang besar bagi kehidupan masyarakat serta dapat memainkan peran penting dalam mengomunikasikan betapa pentingnya menjaga lingkungan dari kerusakan akibat dari Karhutla," tuturnya.

Disebutkan bahwa peran para pelaku usaha juga tidak kalah penting dalam upaya membantu pemerintah untuk mencegah terjadinya karhutla itu 

"Hingga saat ini para pelaku usaha sudah berpartisipasi membantu pemerintah dalam mencegah terjadinya karhutla. Salah satunya dengan memasangkan imbauan-imbauan di lokasi usahanya agar selalu dapat dilihat sehingga menjadi pengingat bagi masyarakat untuk menjaga lahan masing-masing," ungkapnya.

Ia juga berharap kolaborasi dan sinergi antar pemerintah pelaku usaha, tokoh masyarakat, tokoh agama agar terus-menerus berlanjut demi mencegah terjadinya karhutla.

Hal itu, tambahnya, dikarenakan dalam pencegahan karhutla tidak bisa ditangani oleh satu institusi saja namun harus dilakukan secara bersama setiap elemen masyarakat.

"Kolaborasi dan kerjasama dengan tokoh masyarakat serta pelaku usaha dalam memberikan edukasi kepada masyarakat ini semakin baik dan terus terjalin serta ditingkatkan lagi demi mencegah kerusakan lingkungan kita," tandasnya.[kenedy]


Lebih baru Lebih lama