Wakil Rakyat Apresiasi Keberadaan Senkom Mitra TNI-Polri

Wakil Rakyat Apresiasi Keberadaan Senkom Mitra TNI-Polri

WAKIL Ketua DPRD Banjarmasin, Matnor Ali saat menerima anggota Senkom Kalsel dan Banjarmasin.| foto : santoso

BANJARMASIN - DPRD Kota Banjarmasin mengapresiasi keberadaan Senkom Mitra TNI-Polri. Organisasi ini dinilai memiliki peranan dalam bela negara, penanganan bencana, menjaga Kamtibmas hingga memberantas narkoba.

“Suatu kehormatan bisa mendapatkan kunjungan Senkom Kalsel dan Banjarmasin beserta jajaran,” ungkap Wakil Ketua DPRD Banjarmasin, Matnor Ali saat audensi dengan jajaran Senkom di ruang kerjanya, baru-baru tadi.

Menurut politisi Partai Golkar ini, keberadaan organisasi tersebut sangat membantu, karena ada di mana-mana tapi tidak kemana-mana.

Artinya, personel Senkom tersebut akan turun ke lapangan diminta ataupun tak diminta, dalam rangka menjaga Kamtibmas ataupun penanganan bencana.

Ia pun berharap, peran organisasi dalam membantu pemerintah itu harus mendapat dukungan. 

“Sebagai bentuk perhatian dan stimulan, pemerintah paling tidak bisa memberikan dukungan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Senkom Banjarmasin, Sukaji mengatakan, audensi atau sowan ke DPRD Banjarmasin untuk menjalin kemitraan dan membantu kinerja dewan, dalam hal sosialisasi terkait Kamtibmas dan lainnya.

Senkom memiliki personel terdidik dan terlatih dalam hal kebencanaan maupun sosialiasi bela negara, ataupun pencegahan Narkoba.

“Senkom siap membantu walaupun tanpa diminta,” katanya.

Dijelaskan Ketua Senkom Kalsel Untung Priyono, saat ini pihaknya sudah memiliki kepengurusan tingkat kabupaten dan kota di Kalsel, dikurangi Balangan dan Hulu Sungai Selatan yang belum terbentuk, tercatat ada 1.500 anggota di Kalsel.

Menurutnya, Senkom mempunyai peranan membantu pemerintah dalam menjaga Kamtibmas, mengantisipasi peredaran Narkoba hingga kegiatan sosial dan kemanusiaan lainnya.

“Selain bela negara, menjaga Kamtibmas dan membantu penanganan bencana. Senkom juga bisa melakukan penyuluhan atau sosialisasi ke sekolah-sekolah ataupun masyarakat, dalam rangka mendukung pemerintah menjaga keamanan, bahaya narkoba dan antisipasi penyebaran Covid-19,” jelasnya.[santoso]


Lebih baru Lebih lama