Tingkatkan Populasi Sapi, DKP3 Balangan Targetkan 60 Persen Populasi

Tingkatkan Populasi Sapi, DKP3 Balangan Targetkan 60 Persen Populasi

DKP3 Balangan gencar melakukan berbagai kegiatan, satu di antaranya menyukseskan Sikomandan.| foto : agus

PARINGIN - Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Balangan, Ir Tuhalus menargetkan tingkat kelahiran sapi 60 persen dari populasi.

Dalam mencapai 100 hari kerja sebagai Kepala DKP3, Tuhalus gencar melakukan berbagai kegiatan. Salah satunya menyukseskan Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negri (Sikomandan) di Desa Pulantan Kecamatan Awayan, Rabu (23/2/2022).

"Dalam melaksanakan 100 hari kerja kepemimpinan di DKP3 Balangan salah satunya melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan hewan, Inseminasi buatan, mampu pemeriksaan buntingan secara geratis," kata Kepala DKP3, Ir Tuhalus.

Dalam jangka 100 hari kerja ini, Ia akan berkeliling di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Balangan.

"Target kita adalah untuk pengobatan ternak baik itu siap, kerbau, kambing, ayam dan itik secara gratis," ucapnya.

Ia menargetkan untuk Kabupaten Balangan, di tingkat kelahiran sapi 60 persen dari populasi, karena sapi ditempat di Balangan sekitar 1200 ekor.

Sementara itu, Kepala Bidang Peternakan Dinas Peternakan dan Perkebunan Provinsi Kalimantan Selatan, Ir. Rina Savita mengungkapkan, ucapan terima kasih kepada DKP3 yang telah mempasilitasi kegiatan tersebut. 

"Kami harapkan kegiatan ini terus berjalan secara continue, bukan hanya pada pelayanan pengobatan tetapi pelayanan Inseminasi buatan, pemeriksaan pembuntingan dan yang lainnya," harapnya.

Sehingga, tambahnya, apa yang dilakukan masyarakat dan petugas di lapangan terpantau, dengan harapan berjalannya ini nanti terjadinya peningkatan populasi ternak dan bisa berkontribusi untuk Kalimantan Selatan.[agus/adv]


Lebih baru Lebih lama