Tahun Ini, Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Menjadi Program Prioritas Bidang CK

Tahun Ini, Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Menjadi Program Prioritas Bidang CK

KABID CK Dinas PUPR Pulang Pisau, Titien Maria.| foto : manan

PULANG PISAU - Penyediaan air minum (air bersih) dan sanitasi menjadi program prioritas bagi Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUPR) Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng), khususnya di Bidang Cipta Karya (CK) di tahun 2022 ini. 

Beberapa program prioritas tersebut, di antaranya adalah pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional dan peningkatan cakupan pelayanan akses air minum di daerah-daerah rawan air.

Itu disampaikan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Pulang Pisau, Usis I Sangkai melalui Kepala Bidang Cipta Karya (Kabid CK), Titien Maria kepada awak media, Selasa (8/2/2022). 

"Seperti penyediaan air minum yang layak bagi masyarakat dan sanitasi menjadi program utama di Bidang CK DPUPR Pulpis," ujarnya. 

Dijelaskan Titien sapaan akrabnya Kabid CK itu, program pembangunan infrastruktur ke cipta karyaan di tahun 2022 ini, fokus bidang air minum dan sanitasi. 

Hal tersebut, lanjutnya, upaya Pemkab Pulang Pisau melalui Bidang Cipta Karya DPUPR untuk menyediakan pasokan air kepada masyarakat di daerah-daerah yang sulit mendapatkan air bersih. 

"Jadi, upaya penetapan prioritas program pembangunan air minum dan sanitasi layak sangat penting dalam upaya pemerintah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, apalagi air merupakan kebutuhan manusia yang sangat mendasar," tuturnya. 

Ditegaskan Titien, program prioritas CK mulai berjalan pada awal Maret 2022, khususnya di kawasan food estate dan daerah khusus sulit air bersih, salah satunya di wilayah Kecamatan Kahayan Kuala.

Selain hal tersebut, tambahnya, CK sendiri juga akan membuat membangun rumah ibadah di antaranya Masjid, Gereja, Pura dan Wihara.

"Iya betul, kami akan membantu terkait pembangunan rumah ibadah, namun yang terlebih proritas untuk tahun 2022 ini pembangunan air minum dan sanitasi, karena kebutuhan air dalam kehidupan sehari-hari sangat mendasar,"  pungkasnya.[manan]

Lebih baru Lebih lama