Gubernur Ingatkan Kewaspadaan Sebaran Omicron di Kalteng

Gubernur Ingatkan Kewaspadaan Sebaran Omicron di Kalteng

GUBERNUR Kalteng, H Sugianto Sabran.| foto : mmc kalteng

PALANGKA RAYA - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran mengatakan bahwa kasus terkonfirmasi positif varian Omicron telah ditemukan di Provinsi itu, yakni di wilayah Kabupaten Murung Raya.

"Baru-baru ini ada di salah satu perusahaan di wilayah Murung Raya ditemukan kasus positif Omicron," katanya, Senin (14/2/2022).

Orang nomor satu di Provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila itu meminta kepada semua pihak agar hal ini menjadi perhatian bersama, terlebih penambahan kasus aktif Covid-19 dalam akhir-akhir ini terus terjadi.

"Kita semua harus tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, serta menjauhi kerumunan," tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kalteng, Suyuti Syamsul menuturkan, terkait temuan penularan varian Omicron beberapa waktu lalu, Dinas Kesehatan Murung Raya mengirimkan sebanyak 15 sampel melalui Dinas Kesehatan Provinsi setempat.

Berdasarkan hasil penelitian tim yang pihaknya turunkan beberapa waktu lalu, penularan berasal dari luar daerah. 

Tetapi begitu, pihaknya memperkirakan dan melihat pola penularan yang begitu cepat, tampaknya terjadi saat dilakukan lockdown lokal di perusahaan tersebut.

"Dan sebetulnya sekarang mereka ini sudah sembuh, karena memang hampir tidak ada gejala kecuali batuk kering saja," ungkapnya.

Ia menambahkan, secara umum penanganan dan antisipasi penyebaran varian Omicron, Delta maupun awal, tidak ada perbedaan dan kunci utamanya tetap yakni disiplin penerapan protokol kesehatan, utamanya memakai masker, serta dilakukan isolasi.

"Untuk itu kami minta masyarakat tetap tenang dan tidak perlu panik," tandasnya.[kenedy/adv]


Lebih baru Lebih lama