Bupati Abdul Hadi bersama Petani di Desa Telaga Purun Kendalikan Hama Wereng Coklat

Bupati Abdul Hadi bersama Petani di Desa Telaga Purun Kendalikan Hama Wereng Coklat

SOSIALISASI gerakan pengendalian OPT mulai dilakukan di Kabupaten Balangan.| foto : agus

PARINGIN - Bupati Balangan H Abdul Hadi bersama Kepala DKP3 dan petani turun langsung, ikut kendalikan hama wereng coklat yang menyerang tanaman padi di Desa Telaga Purun Kecamatan Paringin Selatan Kabupaten Balangan, Rabu (16/2/2022).

Sebelum melakukan pengendalian hama wereng coklat, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Pemkab Balangan, dengan dihadiri oleh Bupati Balangan H Abdul Hadi, memberikan sosialisasi gerakan pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT).

Bupati Balangan, H Abdul Hadi mengatakan pihaknya terus berupaya untuk membasmi OPT yang mengganggu produktivitas tanaman petani, terutama pada tanaman padi.

“Dengan adanya pengendalian hama wereng coklat yang menyerang pada tanaman padi ini, bisa mati dan tidak merambah ke desa lainnya," harapnya.

Sementara itu, Kepala DKP3 Balangan, Ir Tuhalus menyampaikan, salah satu penyebab timbulnya hama wereng coklat karena petani sudah mulai beralih ke benih lokal.

"Kita berharap, para kepala desa mengajak warganya untuk mencoba menggunakan benih unggul karena selain produksinya tinggi juga lebih tahan terhadap serangan hama wereng coklat," sebutnya.

DKP3 Balangan juga berencana untuk melakukan gerakan garda yakni gerakan bersama akan dimulai di Desa Telaga Purun, Kecamatan Paringin Selatan.

“Saya berharap hal ini cepat tuntas dan mereka tidak mengalami kerugian dan tidak menyebar ke desa lain. Obat-obat yang diberikan bukan hanya dari APBD bahkan juga dari provinsi dan obat-obatan tersebut sudah datang,” tutupnya.[agus/adv]
Lebih baru Lebih lama