Pemprov Kalteng Bangun Aplikasi Marketplace Pro Ikan Berkah

Pemprov Kalteng Bangun Aplikasi Marketplace Pro Ikan Berkah


PALANGKA RAYA - Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran, menginisiasi pembangunan Aplikasi Marketplace Pro Ikan Berkah. 

Aplikasi itu merupakan salah satu bagian Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), di mana penyelenggaraan pemerintahan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, serta sebagai uapaya meningkatkan akses pasar bagi para pelaku usaha perikanan.

Pasalnya melalui SPBE, diharapkan dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, akuntabel, serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

Di sisi lain, Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran memandang sangat perlu adanya dukungan SPBE di semua sektor yang ada di Kalteng, sehingga dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat pengguna untuk mendukung semua program pemerintah, khususnya Pemprov Kalteng. 

Salah satu sektor yang harus dikembangkan adalah sektor kelautan dan perikanan, antara lain dengan meningkatkan akses pasar bagi pelaku usaha perikanan.

Menanggapi program Gubernur Kalteng tersebut, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Kalteng H Darliansjah dalam pertemuan pemantapan SPBE yang akan dikembangkan pada 2022, Rabu (26/1/2022) mengaku akan segera memberikan dukungan, agar SPBE di sektor kelautan dan perikanan dapat terlaksana dengan baik.

Salah satu aplikasi yang akan dibangun adalah aplikasi marketplace jual beli produk perikanan Pro Ikan Berkah yang diinisiasi H Sugianto Sabran.

“Pengembangan SPBE di sektor kelautan dan perikanan merupakan program Gubernur yang harus kita sambut dengan baik, dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sehingga pelayanan kelautan dan perikanan dapat terlaksana dengan lebih mudah, efektif, dan efisien,” ucapnya.

Darliansjah menambahkan, aplikasi marketplace jual beli produk perikanan Pro Ikan Berkah yang akan dibangun, bermanfaat untuk meningkatkan volume penjualan, meningkatkan pendapatan, meningkatkan pangsa pasar, memberikan kemudahan terhadap akses jual beli produk perikanan, sekaligus mempromosikan GEMARIKAN (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) untuk seluruh masyarakat Kalteng.

“Aplikasi marketplace jual beli produk perikanan Pro Ikan Berkah ini akan mempermudah pelaku usaha perikanan untuk memasarkan produk-produknya, dan memudahkan konsumen untuk memilih produk yang diinginkan sesuai yang ditawarkan, sehingga dapat membeli tanpa harus tatap muka secara langsung. Yang dapat dipasarkan melalui aplikasi ini merupakan produk perikanan, baik itu produk ikan segar maupun olahannya, berbagai masakan serba ikan, ataupun aksesoris perikanan seperti alat pancing, akuarium, dan peralatannya,” terangnya.

Selain aplikasi marketplace jual beli produk perikanan Pro Ikan Berkah, akan dikembangkan pula aplikasi SPBE Dislutkan Kalteng, yang berisi tentang data dan informasi penting di bidang kelautan dan perikanan yang harus disediakan secara up to date, dan mudah diakses bagi pemangku kepentingan maupun masyarakat.

Aplikasi berbasis elektronik yang akan dibangun, yaitu Sistem Analisis Ekspor (Infografis), Sistem Informasi AKI (Nilai AKI Periodik), Sistem Informasi CBIB dan CPIB yang sudah bersertifikat/belum (berupa form pendaftaran online dan rekomendasi sertifikat CBIB/CPIB), Sistem Informasi UPI (Infografis), Sistem Informasi SKP (yang sudah Skp/Belum, Form Pendaftaran Online, Rekomendasi SKP), dan Database Budidaya (Infografis).[adv/deni]

Lebih baru Lebih lama