HGN ke-62, Momen Percepat Pencegahan Stunting dan Obesitas

HGN ke-62, Momen Percepat Pencegahan Stunting dan Obesitas


MARABAHAN – Peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) ke-62 menjadi momentum bagi Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan untuk berkomitmen mempercepat pencegahan stunting dan obesitas.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalsel, Raudatul Jannah di sela peringatan HGN 2022 di SMPN 1 Mandastana, Marabahan, Senin (24/1/2022) mengatakan, di momen ini Pemprov Kalsel terus menggalang kepedulian dan meningkatkan komitmen bersama berbagai pihak dalam membangun gizi menuju bangsa sehat dan bergizi.

“Saat ini kita menghadapi berbagai masalah yang berkaitan dengan ketersediaan gizi, khususnya di kalangan anak dan remaja seperti mengalami kekurangan gizi yang disebut stunting dan kelebihan gizi atau obesitas,” jelasnya.

Berdasarkan hasil riset kesehatan dasar tahun 2018 presentasi stunting di Kalsel masih berada dikisaran 33,08 persen. Sedangkan angka obesitas 2021 sebesar 2,95 persen.

“Ini menunjukan bahwa kalsel menghadapi masalah gizi ganda yaitu gizi kurang dan obesitas,” ungkapnya.

Permasalahan tersebut memiliki dampak buruk bagi generasi, karena sangat mempengaruhi pertumbuhan dan kecerdasan mereka sehingga akan berpengaruh terhadap kualitas sumber daya manusia di masa akan datang.

“Semoga dengan kegiatan ini akan terus berlanjut kekompakan,komitmen, dan konsisten kita dalam rangka upaya untuk menuju banua sehat, terkhusus untuk menurunkan angka stunting dan obesitas di Kalsel,” tuturnya.

Pemprov Kalsel sendiri telah melakukan berbagai upaya untuk menurunkan stunting dan obesitas, diawali dengan komitmen bersama deklarasi loksado, upaya peningkatan revitalisasi posyandu, peningkatan kapasitas kader-kader posyandu dan PKK serta meningkatkan upaya partisipasi masyarakat dengan berbagai sosialisasi, kampanye dan edukasi.

Juga terkait pola asuh terhadap keluarga untuk anak dan balitanya, kemudian 1.000 hari pertama kehidupan yang harus dilakukan upaya, karena dis ana awal mula anak sehat atau kurang sehat yang berakibat pada stunting seperti pola makan, kebersihan lingkungan.[advertorial]

Lebih baru Lebih lama