Ketua DPRD Balangan: RAPBD Harus Sejalan dengan Pokok Pikiran Dewan dan Aspirasi Masyarakat

Ketua DPRD Balangan: RAPBD Harus Sejalan dengan Pokok Pikiran Dewan dan Aspirasi Masyarakat

PARINGIN, MK - Ketua DPRD Balangan Ahsani Fauzan, menilai Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD), harus sejalan dengan pokok pikiran dewan dan aspirasi masyarakat.

"Pokok-pokok pikiran Anggota DPRD merupakan aspirasi masyarakat yang dititipkan kepada anggota dewan supaya bisa diperjuangkan di pembahasan RAPBD," ujarnya, Selasa (14/12/2021).

Hal tersebut tambahnya, harus melewati mekanisme dan tahapan yang diatur oleh Pedoman Penyusunan APBD di tiap tahunnya.

“Semoga APBD untuk masyarakat Kabupaten Balangan bisa dilaksanakan sesuai waktu yang telah ditetapkan,” jelas politisi muda Golkar ini.

Belum lama tadi, Pemkab dan DPRD Balangan melakukan persamaan presepsi untuk mengoptimaliasi penelaahan pokok pikiran dan aspirasi masyarakat.

Menurutnya, langkah ini untuk menyamakan susunan program pemerintah dan pokok pikiran.

Fauzan memperjelas bahwa Pokir atau Pokok Pikiran adalah tuntutan dari masyarakat yang dibebankan kepada anggota DPRD ketika melakukan Reses, Sosper, maupun pertemuan terbuka ketika turun ke Dapil masing-masing.

"Sehingga anggota DPRD berkewajiban untuk dapat menindaklanjuti kebutuhan-kebutuhan tersebut pada pembahasan di DPRD bersama dinas terkait," tuturnya.

Dengan diakomodirnya Pokir Dewan oleh Pemerintah Kabupaten Balangan maka pembangunan yang diharapkan masyarakat dapat terlaksana. Sehingga secara otomatis peningkatan ekonomi masyarakat bertambah.[agus/adv]


Lebih baru Lebih lama