Pastikan Penyelenggaraan Pelatihan IPDMIP Berjalan Sukses, Pusluhtan Kementan Evaluasi Pasca Pelatihan

Pastikan Penyelenggaraan Pelatihan IPDMIP Berjalan Sukses, Pusluhtan Kementan Evaluasi Pasca Pelatihan

DEMI memastikan Penyelenggaraan pelatihan Literasi dan Edukasi Keuangan (PLEK) IPDMIP yang dilaksanakan Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang berjalan sukses dan tepat sasaran, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), melalui Pusat Penyuluhan Pertanian (Pusluhtan) Kementerian Pertanian melaksanakan kegiatan. 

Kegiatan yang dimaksud yaitu Evaluasi Pasca Pelatihan yang dilaksanakan pada tanggal 4 November 2021. 

Evaluasi diikuti oleh Purnawidya Pelatihan Literasi dan Edukasi Keuangan yang berasal dari kabupaten Tapin dan Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan. 

Kegiatan Evaluasi dilangsungkan di Aula Dinas Pertanian Kabupaten Tapin, serta Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan. 

Enumurator pada Evaluasi Kali ini berasal dari Pusluhtan Kementan (Sri Mulyani) Serta Widyaiswara BBPP Binuang, Ha. Sudoni MP dan M. Irfan Karuniawan, S.Kom untuk wilayah Kabupaten Tapin. 

Kemudian untuk wilayah Tanah Bumbu Team Enumurator dipandu Widyaiswara BBPP Binuang, Adi Widiyanto, SP, MP, Budiono, SP, MM, serta Soleh Wahyudi, M.I.Kom.

Kepala BBPP Binuang, Dr.Ir. Yulia Asni Kurniawati, M.Si dalam kesempatan terpisah mengatakan, kegiatan Evaluasi Pasca Pelatihan menjadi tolak ukur, seberapa tingkat pemahaman peserta pelatihan setelah dilatih, serta menjadi bahan masukan agar pelatihan ke depannya menjadi tepat sasaran. 

Kepala BPPSDMP Kementerian Pertanian, Dedi Nursyamsi menyampaikan, pelatihan harus tetap produktif menghasilkan SDM pertanian yang professional, berdaya saing dan berjiwa wirausaha tinggi. 

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, peningkatan kualitas SDM menjadi salah satu fokus Kementerian Pertanian. 

“Salah satu fokus kita adalah meningkatkan kualitas SDM. Dengan SDM yang berkualitas tersebut, kita akan meningkatkan pertanian,” ujar SYL.[toni/irfan/adv]


Lebih baru Lebih lama