Monitoring Banjir, Pemkab Pulang Pisau Salurkan Bantuan Beras

PULANG PISAU, MK - Bupati Pulang Pisau, Pudjirustaty Narang, Kamis (8/11/2021), melalukan monitoring ke wilayah terdampak banjir di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng). 

Turut mendampingi orang nomor satu di kabupaten berjuluk Bumi Handep Hapakat itu, Sekda Pulang Pisau, Kepala Dinas Sosial (Kadinsos), Kalaksa BPBD Pulang Pisau, Kadishub Pulang Pisau, Dirut BLUD RSUD Pulang Pisau, Plt Kadinkes Pulang Pisau, dan Pabung Pulang Pisau. 

Pada kesempatan itu, Bupati kepada awak media mengatakan, pihaknya akan terus berupaya mencari solusi atau jalan bagaimana caranya mengatasi permasalahan musibah atau bencana banjir kerap melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Pulang Pisau. 

"Yang terpenting saat ini Pemkab Pulang Pisau terus membantu masyarakat di wilayah terdampak banjir yang nantinya secara teknis dilakuan oleh dinas-dinas terkait," kata Taty sapaan akrab Bupati Pulang Pisau. 

Ia mengimbau, agar masyarakat di wilayah terdampak banjir selalu menjaga diri dan keluarga, karena saat ini debit air makin tinggi. 

"Kita juga berharap masyarakat terdampak banjir selalu dalam keadaan dalam keadaan sehat dan selamat. Percaya pemerintah tidak tinggal diam," ucapnya. 

Terpisah, disampaikan Salahudin, Kalaksa BPBD Kabupaten Pulang Pisau, saat ini Pemkab setempat sudah menerapkan status tanggap darurat untuk 3 wilayah terdampak banjir, yakni kecamatan Jabiren Raya, Kahayan Tengah, dan Banama Tingang. 

"Status ini sejak ditetapkan sejahtera hari ini tanggal 18 Nopember sampai 1 Desember 2021 mendatang. Untuk Pos Lapangan (Poslap) di tiga wilayah terdampak banjir itu sudah ada," katanya. 

Ia menambahkan, saat ini bagi wilayah terdampak banjir terparah telah dilakukan pemasangan tenda  pengungsian bencana banjir. 

"Ini persiapan untuk warga masyarakat Desa Tanjung Sanggalang sebanyak 120 KK, Desa Penda Barania 41 KK, dan Desa Balukon 8 KK," ungkap Salahudin. 

Sementara, disampaikan Kadinsos Pulang Pisau, Eknamensi Tawun, pihak sudah menyediakan bantuan berupa beras untuk tiga wilayah terdampak banjir di Kabupaten Pulang Pisau. 

"Total keseluruhan bantuan beras di tiga  wilayah terdampak banjir di Pulang Pisau sebanyak 40.331,2 kilogram atau 40 ton lebih," kata Tawun sapaan Kadinsos Pulang Pisau via WhatsApp pribadinya.[manan]


loading...

Posting Komentar

0 Komentar