Mengukur Penerapan Penyelenggaraan Pelatihan, BBPP Binuang Laksanakan Evaluasi Pasca Pelatihan di Nunukan

TEPAT pada Rabu, 24 November 2021, dilakukan pertemuan evaluasi dampak pelatihan IT bagi Penyuluh Pertanian dan Pelatihan Kewirausahaan bagi petani Muda di Ruang Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Pertemuan yang berlangsung mulai pukul 09.00 hingga 13.00 Wita ini dihadiri Kepala Bidang PSP, Rahmawati Matto SP M.AP, Kasi Penyuluhan, Anthonia Tangdi Kamma SP M.AP dan Kepala UPTD BP3K, Yuliana SP M.AP.

Dalam kegiatan ini, Soleh Wahyudi, Widyaswara BBPP Binuang mengatakan, bagian penting dari kegiatan pelatihan merupakan lanjutan dari Pelatihan IT bagi Penyuluh Pertanian yang pernah dilaksanakan selama 3 hari mulai 25 hingga 27 Juni 2021 lalu.

Di mana, lanjutnya, pesertanya berasal dari para penyuluh di 10 BPP yang ada di wilayah Kabupaten Nunukan. Juga Pelatihan Kewirausahaan bagi Petani Muda yang diselenggarakan di UPTB BPSDMP Kalimantan Timur, Oktober yang lalu.

“Tanpa dilakukan evaluasi kita tidak akan mengetahui sejauh mana keberhasilan kegiatan pelatihan. Untuk itu kami ingin mengetahui sejauh mana ilmu tersebut telah di gunakan oleh peserta,” ujar Soleh. 

Selain mengevaluasi kegiatan pelatihan, untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelatihan responden juga diminta uuntuk memberikan saran-saran dan masukan tentang penyelenggaraan pelatihan baik materi, durasi waktu pelatihan dan lain-lain. 

Metode pelaksanaan evaluasi dilakukan dengan membagikan instrumen evaluasi kepada alumni pelatihan. Untuk pengisian dipandu langsung per masing-masing pada bagian instrumen yang dibagikan oleh Widyaiswara.

Kurniawan Hendarto.S.P yang merupakan salah satu peserta pelatihan menyatakan bahwa pelatihan yang pernah diikuti sangat bermanfaat. 

“Karena sampai saat ini sering digunakan dalam rapat-rapat pertemuan dan sangat membantu kami, kesankan kami juga bisa menjadi "Host Zoommetting" lah. Terima kasih BBPP Binuang, semoga ke depan bisa diadakan lagi pelatihan seperti ini sebagai tambahan ilmu bagi kami di lapangan,” tutur Hendarto.[soleh/adv]


loading...