Manfaatkan Lahan Kosong, Wartawan Ini Bertani dan Budidaya Ikan

Manfaatkan Lahan Kosong, Wartawan Ini Bertani dan Budidaya Ikan

KOTABARU, MK - Halaman samping rumah yang kosong menginspirasi Rahmat Zainuddin, warga Kotabaru ini untuk bercocok tanam sekaligus membudidayakan ikan air tawar. 

Aktivitas bertani dan budidaya ikan setidaknya sangat cukup untuk mengisi waktu lowong pria yang berprofesi sebagai wartawan ini.

Rahmat mengatakan, bertani atau berkebun ini hanya untuk memanfaatkan lahan kosong dan meluangkan waktu saat istirahat.

Ia menanam ubi kayu atau singkong hanya bermodalkan batang pohon ubi kayu/singkong. Selain itu Ia juga menanam sayur-sayuran.

"Saya juga memanfaatkan lahan kosong untuk membuat kolam budidaya ikan air tawar dengan bahan terpal plastik, kayu dan bambu, untuk budidaya ikan air tawar seperti ikan Nila, Gabus, Lele, Papuyu," katanya.

Pembuatan kolam dengan bahan sederhana ini disesuaikan dengan ukuran yang diinginkan, mengingat di setiap pembuatan kolam juga tergantung dana dan ukuran kolam atau terpalnya. 

"Saya berharap masyarakat yang memiliki lahan kosong dapat memanfaatkannya. Apa yang saya lakukan ini, semoga dapat memberikan inspirasi dan solusi kepada sesama agar bisa memanfaatkan lahan sekitar rumah," Harapnya.

Apalagi, lanjutnya, bakal diaktifkannya kembali Satgas Covid-19. Untuk itu, lebih baik dimanfaatkan lahan tersebut sebagai perkebunan dan budidaya ikan.

"Ini saya lakukan juga untuk menambah pengalaman dan pengetahuan saja," tuturnya.

Ia berharap ini menjadi jalur rezeki untuk menambah penghasilan, walaupun pekarangan tidak memadai. 

"Alangkah baiknya ini kita manfaatkan dan meluangkan waktunya untuk menambah pengalaman. Di samping itu untuk menambah penghasilan," pungkasnya.[zainuddin]


Lebih baru Lebih lama