Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Nunukan Dukung Evaluasi Pasca Pelatihan

KEPALA Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Nunukan, Masnadi S.Hut M.AP mendukung penuh kegiatan evaluasi pasca pelatihan yang dilaksanakan oleh Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang.

Evaluasi pasca pelatihan IT bagi Penyuluh Pertanian di kabupaten ini telah dilaksanakan pada Rabu 24 November 2021 yang lalu, dengan melibatkan seluruh purnawidya yang mengikuti pelatihan pada akhir bulan juni 2021 yang lalu.

“Tanpa dilakukan evaluasi kita tidak akan mengetahui sejauhmana keberhasilan kegiatan pelatihan, untuk itu kami ingin mengetahui sejauh mana ilmu tersebut telah di gunakan oleh peserta,” ujar Widyaiswara BBPP Binuang, Soleh.

Ia mengatakan, selain mengevaluasi kegiatan pelatihan, untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelatihan responden juga diminta uuntuk memberikan saran-saran dan masukan tentang penyelenggaraan pelatihan baik materi, durasi waktu pelatihan dan lain-lain. 

Dalam kesempatan lainnya, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan pangan, Masnadi sangat berharap terlaksananya evaluasi pasca pelatihan yang digelar BBPP Binuang ini memberikan gambaran terhadap penerapan materi pelatihan.

Selain itu, bagi Dinas Pertanian juga akan mendapatkan informasi tentang kendala-kendala penyuluh pertanian, terutama Purnawidya dalam penerapan materi pelatihan serta kelemahan-kelemahan penyuluh itu sendiri.

Sehingga menurut Masnadi, akan dapat dijadikan dasar untuk perbaikan dari kualitas SDM Penyuluh pertanian di Kabupaten Nunukan.

"Kami sangat senang atas pelaksanaan evaluasi paska pelatihan ini. Harapan kami akan mendapatkan informasi dalam hal penerapan hasil pelatihan juga kelemahan atau kendala dalam penerapan, sehingga akan dapat kami jadikan acuan untuk memperbaiki kualitas SDM penyuluh kami,” ujar Masnadi.

Kurniawan Hendarto S.P yang merupakan salah satu peserta pelatihan menyatakan bahwa pelatihan yang pernah diikuti sangat bermanfaat. 

"Hingga saat ini sering digunakan dalam rapat-rapat pertemuan dan sangat membantu kami, kesankan kami juga bisa menjadi host zoom metting-lah, membuat dan mengisi blog dan lain-lain," imbuhnya. 

"Terima kasih BBPP Binuang, semoga ke depan bisa diadakan lagi pelatihan seperti ini sebagai tambahan ilmu bagi kami di lapangan,” tutup Hendarto.[adv]


loading...