Jalan Lintas di Tumbang Nusa "Diserang Banjir" Air Capai 35-45 Sentimeter

Jalan Lintas di Tumbang Nusa "Diserang Banjir" Air Capai 35-45 Sentimeter

PULANG PISAU, MK - Banjir yang melanda di wilayah Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng), tidak hanya merendam ruas Jalan Poros Trans Kalimantan, Palangka Raya – Kuala Kurun, tepatnya di Desa Penda Barania, Kecamatan Kahayan Tengah

Namun, dampak banjir juga merendam ruas Jalan Trans Kalimantan di wilayah Desa Tumbang Nusa, Kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten setempat, Selasa (16/11/2021). 

Dilaporkan sejak pagi sekira pukul 10.30 WIB hingga pukul 12.10 WIB debit air mencapai ketinggian 35-45 sentimeter. 

Itu disampaikan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Pulang Pisau Dr Supriyadi melalui Kepala Bidang (Kabid) Transportasi Jalan, Endra Setiawan kepada sejumlah awak media.

"Debit air hingga siang ini mencapai 45 sentimeter dengan panjang jalan yang terendam sekitar 80 meter," ujar Endra sapaan akrabnya. 

Disampaikannya, banjir yang terjadi sejak Minggu 14 Nopember 2021 lalu, telah menggenangi ruas Jalan Trans Kalimantan KM 86 Palangka Raya - Pulang Pisau - Banjarmasin (wilayah Desa Tumbang Nusa). 

"Untuk situasi arus lalu lintas lancar, aman dan terkendali. Kepada pengguna jalan terutama R2 kita harapkan untuk terus berhati-hati saat melintasi jalur yang terendam banjir," kata Endra. 

Terpisah, Kapolsek Jabiren Raya Ipda Gendee saat konfirmasi awak media membenarkan jika banjir telah merendam ruas Jalan Trans Kalimantan Palangkaraya - Pulang Pisau -Banjarmasin, tepatnya di Desa Tumbang Nusa, Pulang Pisau. 
 
Oleh karenanya, Kapolsek, mengimbau kepada masyarakat yang akan melintas di jalur banjir supaya berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan.

"Selain menurunkan anggota untuk bertugas melakukan pengamanan dan pengaturan lalu lintas guna mengurai kemacetan, Polsek Jabiren juga sudah memasang papan imbauan supaya masyarakat yang akan melintas ruas jalan tersebut berhati-hati dan waspada," kata Kapolsek. 

"Kita juga bersinergi bersama pihak TNI, Dishub, dan BPD Pulang Pisau untuk antisipasi penganan terjadinya kemacetan di lokasi banjir tersebur," tambahnya. 

Sementara perlu diketahui, jumlah desa terdampak banjir di Kecamatan Jabiren Raya, yakni Tumbang Nusa sebanyak 280 kepala keluar (KK) dengan 1.400 jiwa. 

Selanjutnya, Desa Tanjung Taruna sebanyak 236 KKK dengan 810 jiwa, dan Desa Pilang sebanyak 223 KK dengan 892 jiwa.[manan]


Lebih baru Lebih lama