Evaluasi Pelatihan, BBPP Binuang Lakukan EPP kepada Penyuluh dan Petani

BALAI Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang melakukan evaluasi pasca pelatihan pada tanggal 24 hingga 25 November 2021.

Pertemuan evaluasi dampak pelatihan dilakukan di 4 BPP di Kabupaten Barito Kuala, tepatnya BPP Mandastana, BPP Rantau Badauh, BPP Anjir Pasar, dan BPP Belawang. Target jumlah peserta pelatihan sebanyak 180 orang.

Adapun pelatihan yang dievaluasi, yakni Pengendalian OPT Padi Lahan Rawa, Pengelolaan Organisasi Kelompok Tani, Budidaya Padi Unggul, Pengorganisasi Kelembagaan Ekonomi Petani, dan Perencanaan Usaha Kelompok Tani.

"Saat ini dilaksanakan evaluasi pasca pelatihan, dengan tujuan mengevaluasi dampak dari kegiatan pelatihan yang pernah dilakukan di BPP Mandastana, BPP Rantau Badauh, BPP Anjir Pasar, dan BPP Belawang, dengan jumlah target peserta 180 orang," terang Retno

Menurutnya, Pelatihan yang dilakukan evaluasi, yakni Pengendalian OPT Padi Lahan Rawa, Pengelolaan Organisasi Kelompok Tani, Budidaya Padi Unggul, Pengorganisasi Kelembagaan Ekonomi Petani, dan Perencanaan Usaha Kelompok Tani.

Pertemuan dihadiri oleh kepala BPP masing-masing. 

Dalam kegiatan ini, Retno Hermawan, Widyaswara BBPP Binuang mengatakan, bagian penting dari kegiatan pelatihan merupakan lanjutan dari pelatihan yang telah dilakukan oleh peserta dan penyuluh selaku Purnawidya.

"Selain mengevaluasi kegiatan pelatihan, untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelatihan responden juga diminta untuk memberikan saran-saran dan masukan tentang penyelenggaraan pelatihan baik materi, durasi waktu pelatihan dan lain-lain," terangnya. 

Metode pelaksanaan evaluasi, lanjutnya, dilakukan dengan membagikan instrumen evaluasi kepada alumni pelatihan. 

"Untuk pengisian dipandu langsung per masing-masing pada bagian instrumen yang dibagikan oleh Widyaiswara," pungkas Retno.[adv]


loading...