Rapat Lanjutan Terkait APBD Bartim, Ini Penjelasan Ketua DPRD

Rapat Lanjutan Terkait APBD Bartim, Ini Penjelasan Ketua DPRD

TAMIANG LAYANG, MK - Rapat Paripurna I masa sidang I tahun sidang 2021 lanjutan kembali digelar DPRD Kabupaten Barito Timur (Bartim) bersama pihak eksekutif terkait anggaran perubahan yang diajukan Kepala Saerah, Senin (27/9/2021).

Rapat yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Bartim, Nur Sulistio dengan pembahasan penyampaian jawaban kepala daerah terhadap pemandangan umum fraksi pendukung dewan atas pengajuan nota keuangan dan rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang pengggunaan Anggaran  Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2021.

Usai kegiata itu, Nur Sulistio kepada awak media menjelaskan, rapat tersebut dalam agenda mendengarkan jawaban dan tanggapan kepala daerah berkaitan dengan pemandangan umum fraksi pendukung dewan tentang APBD perubahan anggaran tahun 2021.

"Sebelumnya masing-masing fraksi sudah menyampaikan pemandangan umum fraksi berkaitan dengan APBD tahun anggaran 2021 yang di ajukan oleh pemerintah daerah untuk di adakan perubahan di bulan September ini," ungkapnya.

Dirinya menyebutkan, setelah mendengarkan pandangan umum, pihaknya akan melanjutkan rapat kerja untuk memastikan terkait (KUPA) APBD, serta rancangan prioritas dan plafon anggaran aementara

"Secara umum kepala daerah sudah memberikan tanggapan terkait pemandangan masing-masing fraksi, kendatipun nanti ada hal yang terjawab secara umum belum secara detail maka akan dibahas pada rapat kerja yang nanti akan ditanyakan oleh masing-masing komisi kepada pihak eksekutif," jelasnya.

Politisi dari partai Golkar ini juga menguraikan, pengajuan dari pihak eksekutif akan diberi tanggapan dari pihak dewan berupa pertanyaan, koreksi dan masukan untuk pihak eksekutif dan kepala daerah merespon dan menjawab terkait masukkan tersebut.

"Tentu saja tidak semua masukan-masukan itu bisa disampaikan secara tertulis, dan sebaliknya tidak semua pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh masing-masing fraksi pendukung dewan dijawab secara utuh dan sempurna melalui tanggapan kepala daerah, maka akan kita lanjutkan melalui rapat kerja," terangnya.

Dikatakan lebih lanjut, sejauh ini dari nota keuangan yang disampaikan sesuai dengan porsinya, sesuai dengan perencanaan yang telah dibahas oleh pihak eksekutif dengan SKPD.

"Kami masih bisa menerima, tapi untuk detail program dan kegiatan kami belum bisa menjawab. Mungkin nanti setelah rapat kerja baru kita akan lihat, apakah ada pergeseran atau penambahan," imbuhnya.

Ia berharap, evaluasi yang dilakukan ini berdasarkan kebutuhan sehingga terbentuk anggaran yang efektif dan efisien serta bermanfaat dari semua aspek untuk ekonomi pendidikan dan kesehatan.

"Seperti yang sudah kami sampaikan dari awal, kami berharap agar evaluasi ini benar-benar berdasarkan kondisi keadaan dan kebutuhan, sehingga terciptalah program dan anggaran yang efektif, efisien dan bermanfaat untuk masyarakat Barito Timur yang berfokus pada semua aspek dari pertumbuhan ekonomi, kesehatan dan sebagainya," pungkasnya.[linda]


Lebih baru Lebih lama