Kemensos Tambah Kuota Bansos PKH dan BPNT untuk Kabupaten Kapuas

Kemensos Tambah Kuota Bansos PKH dan BPNT untuk Kabupaten Kapuas

KUALA KAPUAS, MK - Kementerian Sosial menambah kuota Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Kapuas, Kaimantan Tengah pada dua program bantuan sosial yaitu Program Keluarga Harapan (PKH) dan program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan mengatakan, penambahan kuota Bansos tersebut tak lepas dari pembaharuan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS. Ia pun menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Kemensos terakomidirnya data DTKS Kabupaten Kapuas sehingga ada penambahan kuota.

"Perluasan kuota itu salah satunya karna kita aktif melakukan pembaharuan DTKS. Alhamdulillah Kabupaten Kapuas mungkin dianggap cukup baik kita juga ada penambahan  kuota perluasan penerima bantuan sosial," kata Budi, Sabtu (18/9/2021).

Dilanjutkannya, untuk program BPNT dari jumlah sebelum 16.019 yang diterima bulan September 2021 ada penambahan kuota lebih 5.000 KPM, bahkan jumlah itu bisa lebih lagi.

"Jadi kalau ditotal KPM kita yang akan menerima menjadi 21.000 jumlahnya," ujarnya.

Tidak cuma itu, untuk bansos PKH Kabupaten Kapuas  juga ada penambahan kuota dari Kemensos.

"Untuk PKH kita ada penambahan sekitar 1.483," kata Budi.

Menurut Kadinsos, sampai saat ini DTKS terus dilakukan perbaikan, sebab dari data hasil perbaikan itulah yang diakomodir Kemensos.

"Untuk Kita sampaikan terimakasih kepada DPMD, Disdukcapil Pemerintah Pemdes, para pendamping yang selalu aktif melakukan pembaharuan data," kata Budi.

Terakhir, program bansos yang
disalurkan pemerintah  tersebut
diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai peruntukannya.[zulkifli]


Lebih baru Lebih lama