Indocement bersama Warga Desa Mitra Kerjasama Partisipasi "World Clean Up Day 2021"

Indocement bersama Warga Desa Mitra Kerjasama Partisipasi "World Clean Up Day 2021"

KOTABARU, MK - World Clean Up Day (WCD) 2021 yang digelar PT Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk. Plant Tarjun (ITP) menginisiasi gerakan bersih yang dikemas dengan rangkaian "Indocement Goes To Community (IGTC), Sabtu (18/9/2021).

ITP bersama masyarakat serta komunitas melakukan pembersihan dan pemilahan sampah di pesisir pantai Desa Tarjun serta kawasan mangrove di Desa Langadai.

Gerakan ini melibatkan warga desa mitra Indocement, termasuk Bank Sampah "Andesla" dari Desa Langadai. Kegiatan ini berlangsung dengan tetap melaksanakan prokes.

General Manager PT Indocement Plant Tarjun, Retnawan Widhiantoro melalui SHECSR Department Head, H. Teguh Iman Basuki mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk partisipasi PT Indocement Plant Tarjun aktif dalam turut serta menciptakan lingkungan yang bersih, sehat dan ramah lingkungan.

"Dengan menginisiasi gerakan bersih-bersih dan pilah sampah dalam rangka menggelorakan hidup bersih maka dari itu diperlukan adanya sinergi bersama," ucap Teguh.

Dalam kegiatan World Clean Up Day ini, lanjut Teguh, dikemas sebagai kegiatan Indocement Goes to Community, Program “Indocement Goes to Community (“IGTC”)”, adalah sebuah program yang mana dari Management dan karyawan Indocement.

"Yang dilakukan bersama masyarakat Desa mitranya agar berbaur dan bahu-membahu melakukan aksi sosial kemasyarakatan," terangnya.

IGTC adalah wujud terciptanya hubungan yang harmonis antara Indocement dengan masyarakat, karena bagaimana pun juga perusahaan membutuhkan suatu social license to operate salah satu tolak ukur, keharmonisan antara Indocement dengan masyarakat di sekitar kompleks pabrik. untuk menjamin keberlanjutan proses Produksi Semen. 

"Hubungan yang harmonis antara Perusahaan dengan masyarakat ini merupakan bukti nyata Indocement secara konsisten terus melakukan berbagai program berkesinambungan dengan melibatkan masyarakat desa mitra untuk terus bertumbuh bersama," paparnya.

Program pemberdayaan masyarakat ini dirancang agar dapat menumbuhkan kemandirian bagi masyarakat dan sejalan dengan komitmen penting lainnya, yaitu pelestarian lingkungan untuk hidup yang lebih baik dan berkelanjutan sehingga dapat dirasakan oleh generasi mendatang. 

Di kesempatan ini, Kepala Desa Tarjun, Sahrani S.AP menyampaikan, kegiatan yang digelar ini dalam rangka bersih-bersih lingkungan pesisir di wilayah RT.15 Desa Tarjun yang bekerjasama dengan PT Indocement Plant Tarjun dan komunitas sepeda yang ikut terlibat berkolaborasi bersama dengan Pemerintahan Desa (Pemdes) Tarjun turut serta dalam gotong royong dikegiatan ini.

"Atas Nama Pemerintahan Desa Tarjun kami sangat mengapresiasi dan ucapkan terima kasih kepada PT Indocement Plant Tarjun yang selalu support kami dalam berbagai kegiatan dan kami juga sangat berterima kasih kepada masyarakat sekitar yang sudah peduli terhadap kebersihan lingkungannya," ujar Kepala Desa Tarjun 2 periode ini.

Program dinisiasi ini sebagai salah satu bentuk upaya untuk memberikan kesadaran dan mengedukasi warga masyarakat dalam program pentingnya kebersihan lingkungan yang bersih dan sehat.

Sementara, Mediansyah, Ketua RT.15 Desa Tarjun mewakili warga mengucapkan terima kasih atas apresiasinya dengan adanya para komunitas sepeda yang ikut berkolaborasi bersama Pemdes Tarjun serta tim CSR PT Indocement Plant Tarjun yang telah membantu dan mensupport kegiatan bersih-bersih yang digelar pada hari ini.

"Kami juga sangat menyambut baik kegiatan ini untuk kebersihan Desa kami, sehingga terciptanya kebersihan lingkungan yang lebih bersih dan sehat," ucapnya.[zainuddin]


Lebih baru Lebih lama