Di Pulang Pisau Anak di Bawah Umur Nyaris jadi Korban Penculikan, Ini Imbauan Polisi

Di Pulang Pisau Anak di Bawah Umur Nyaris jadi Korban Penculikan, Ini Imbauan Polisi

PULANG PISAU, MK - Dugaan percobaan penculikan terhadap anak di bawah umur nyaris terjadi. Peristiwa itu terjadi pada Senin 20 September 2021 di Desa Hanjak Maju RT 01, Kecamatan Kahayan Hilir Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng).

Diketahui korban berinisial MW (10) berjenis kelamin perempuan anak sulung dari Ardiansyah warga Desa Hanjak Maju (ex UPT Transmigrasi Desa Anjir Pulang Pisau).

Kepada sejumlah awak media, Selasa (21/9/2021), dikediamannya korban menuturkan saat itu dirinya baru saja pulang dari tempat pengajian sekitar pukul 15.00 WIB.

Tak lama, lanjut MW, ada sebuah mobil Suzuki Karimun warna Hitam parkir di tengah jalan. Kemudian, dari dalam mobil keluar dua orang laki-laki berpakaian serba hitam dan mengajaknya pergi jalan-jalan.

"Saya diajak jalan-jalan Kota Pulang Pisau sama dua orang itu, dia bilang ayah dan ibu serta adik saya lagi di pasar dan lagi menunggu saya, ayo kita mendatangi orang tu mu ke pasar ikut sama om," ujar MW menirukan ajakan pria tak dikenal itu.

Merasa curiga, lalu MW, merasa takut terhadap kedua orang tersebut. Sebab, dirinya (MW) mengetahui kalau kedua orang tuanya tengah berada di rumah.

Melihat gelagat atau gerak-gerik kedua orang yang mencurigakan itu, MW sontak menolak dan langsung menjauh dari pelaku. Namun salah satu pelaku kembali mencoba membujuk MW agar masuk ke dalam mobil seraya menawarkan es krim dan cokelat.

"Ayo ikut om, ini om kasih es krim dan ada boneka untuk ade. Nanti, semuanya om kasih asal mau ikut jalan-jalan sama kami," lanjut MW menjelaskan sambil terbata-bata karena masih trauma.

Berdasarkan pengakuan MW, kedua pelaku menggunakan mobil Suzuki Karimun warna hitam tanpa plat nomor kendaraan, dan di dalam mobil ada beberapa buah boneka serta sejumlah  snack (makanan ringan).

"Jadi, mereka semua berbaju hitam, pakai kacamata, pakai switer dan ada tulisan OMG dibagian depan, juga memakai masker dan topi," beber MW.

Kapolres Pulang Pisau AKBP Kurniawan Hartono, melalui Kapolsek Kahayan Hilir, Ipda Abi Wahyu Prasetyo membenarkan dugaan kasus terjadi percobaan penculikan di Desa Hanjak Maju.

"Benar mas, saat ini kami (Polsek Kahayan Hilir) bersama Polres masih melakukan penyelidikan lebih lanjut dan kita juga sudah menemui orang tua anak tersebut," kata Ipda Abi sapaan akrab Kapolsek Kahayan Hilir saat dikonfirmasi awak media ini, Selasa (21/9/2021) via WhatsApp pribadinya.

Atas dugaan peristiwa ini, Ipda Abi turut  mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar tidak membiarkan anak-anak yang masih dibawah umur melakukan aktivitas di luar rumah tanpa pemantauan ketat dari orang tua dan kerabat terdekat.

"Kami imbau kalau ada orang yang mencurigakan kiranya dapat melapor ke pihak kepolisian. Jadi, sekali lagi jangan mudah percaya terhadap orang asing, tetap pantau bila perlu dampingi aktivitas anak kita dengan harapan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," pesannya.[manan]


Lebih baru Lebih lama