Wagub Edy: Udang Vaname Bakal jadi Produk Unggulan Kalteng

Wagub Edy: Udang Vaname Bakal jadi Produk Unggulan Kalteng

PALANGKA RAYA, MK - Udang vaname bakal menjadi produk unggulan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Hal itu diungkapkan Wakil Gubernur Kalteng, Edy Pratowo saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Percepatan Pembangunan Kelautan dan Perikanan Kalteng melalui program pembangunan kawasan shrimp estate di Kabupaten Sukamara.

Kegiatan yang digelar di Aula Eka Hapakat Kantor Gubernur setempat, Senin (12/7/2021) itu, juga dihadiri Plt Setda H Nuryakin, Kadis Kelautan dan Perikanan, H Darliansjah, Kadis Energi dan Sumber Daya Mineral, Ermal Subhan, Kepala Bappeda Yuren S Bahat, Dirut Bank Kalteng Yayah Diasmono serta kepala perangkat daerah terkait.

Rencana pembangunan kawasan udang vaname yang ada di Sukamara ini berawal dari semangat yang di gaungkan oleh masyarakat Sukamara. 

Karena, mereka ingin berusaha di bidang perikanan, khususnya udang vaname yang memberikan dampak positif terhadap ekonomi. 

"Udang vaname ini bisa kita kembangkan, dan di kemudian hari menjadi produk unggulan Kalteng. Artinya, kita harus membuat klaster-klaster di semua potensi yang ada di Kalteng. Itu semangat yang ingin dibangun pak Gubernur," ucapnya.

Dampak program tambak udang vaname Provinsi Kalteng di Kabupaten Sukamara sendiri pun adalah satu terbangunnya kawasan tambak udang vaname sebanyak 5 klaster dengan luas 26 hektar, dan kawasan tambak udang vaname itu menjadi model untuk Kalteng dan nasional.

Selain itu, urainya, terbangunnya infrastruktur jalan dengan kondisi mantap dan ketersediaan jaringan listrik sampai ke desa-desa. 

"Adanya tambak ini akan berdampak baik, yakni penyerapan tenaga kerja milennial dan sarjana perikanan berwirausaha tambak udang vaname di Kabupaten Sukamara khususnya dan di Kalteng umumnya," imbuhnya.

Ditambahkan mantan Bupati Pulang Pisau itu, adanya tambak itu juga memberikan kontribusi terhadap perekonomian daerah dan nasional, juga PAD Kalteng.[kenedy]


Lebih baru Lebih lama