Ivo Sugianto: Jangan Sembarangan Memberikan Gadget Pada Anak

Ivo Sugianto: Jangan Sembarangan Memberikan Gadget Pada Anak

PALANGKA RAYA, MK - Masih banyak masyarakat yang belum mendapat edukasi dengan baik tentang bagaimana penggunaan teknologi secara bijaksana. Termasuk bagaimana orang tua menggunakan gadget dalam proses pengasuhan anak-anak.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua TP-PKK Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Yulistra Ivo Sugianto Sabran saat menjadi keynote speaker pada Seminar Psikologi Nasional yang digelar oleh HIMPSI Kalteng. 

Seminar yang digelar secara virtual dari Aula Serbaguna Istana Isen Mulang, Sabtu (17/7/2021) itu mengambil tajuk 'Menjadi Smart Parents Dalam Mengelola Pengunaan Gadget sebagai Media Tumbuh Kembang Anak'.

"Beberapa kesalahan dalam pemberian gadget pada anak-anak, diantaranya seperti orang tua yang memberikan gadget pada anak usia dibawah satu tahun, orang tua membiarkan anak-anak mengakses internet tanpa pendampingan orang tua, penggunaan gadget selama Learn From Home dan orang tua memberikan gadget pribadi kepada anak dibawah umur," ucapnya.

Dibeberkannya lebih jauh, dampak yang ditimbulkan akibat kesalahan dalam pemberian gadget pada anak-anak tersebut sangat berbahaya.

"Kesalahan dalam pemberian gadget pada anak mengakibatkan berupa kurang gerak, gangguan fungsi mata, addiction, masalah emosi dan self control, gangguan penyesuaian diri, gangguan tidur, obesitas, masalah postur tubuh, keterlambatan berbicara, gangguan perkembangan serta meningkatnya depresi pada anak," tandasnya.[kenedy]


Lebih baru Lebih lama