Di Petuk Katimpun, Buah Melon Tumbuh Subur

Di Petuk Katimpun, Buah Melon Tumbuh Subur

PALANGKA RAYA, MK - Banyak warga yang belum tahu jika Kota Palangka Raya penghasil buah melon dengan kualitas super dan unggul.

Itu dibuktikan dengan sebagian buah melon yang dijual para pedagang di Kota Cantik itu berasal dari hasil para petani di wilayah Kelurahan Petuk Katimpun.

Di jalan Tjilik Riwut Km 15, tepatnya di RT 007 tersebut terdapat lahan seluas satu hektare oleh seorang pria bernama Jiman ditanami anekah buah-buahan. 

Buah-buah yang tumbuh subur itu ada jambu air, pepaya, dan melon. Di lahan yang berstatus pinjam pakai itu juga ditanami cabai.

Dari empat jenis tanaman yang paling menghasilkan yakni buah melon. Dalam sekali panen pria yang akrab disapa Mbah Jiman itu bisa menghasilkan 7 ton melon dengan harga Rp7000 per kilogram atau Rp49 juta.

Perantau asal Jawa Tengah ini menuturkan, tanaman melon ini cuma butuh waktu dua bulan untuk bisa panen. 

"Untuk menanamnya cukup mudah, yakni harus didukung dengan ketersediaan air yang cukup," ungkapnya, Selasa (13/7/2021).

Sementara itu, pemasaran buah melon juga relatif gampang, saat ini sudah ada tengkulak yang datang sendiri untuk mengambil buah yang sudah dipanen.

"Bercocok tanam buah melon ini cukup menjanjikan, karena saat ini yang menanam relatif sedikit sehingga potensi terjual juga cukup besar dan tidak ada istilah petani rugi," tukasnya.[kenedy]


Lebih baru Lebih lama