BBPP Binuang Ajak Petani Kalimantan Ikuti Pelatihan Satu Juta Petani Penyuluh

DI SELA-SELA Pelatihan Teknis bagi Non Aparatur Angkatan XXV bertema "Pengorganisasian Kelembagaan Ekonomi Petani" oleh Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang yang dilaksanakan di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), juga dilakukan sosialisasi Pelatihan 1 juta petani dan Penyuluh. 

Berdasarkan target yang diberikan oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSMDP) Kementerian Pertanian, sebanyak 63.535 petani dan sebanyak 1.616 penyuluh dari total target nasional 1 juta petani dan penyuluh. 

Pelatihan yang belangsung dari tanggal 22 hingga 24 Juli 2021, diikuti oleh 30 petani pengurus Gapoktan dan Poktan, sehingga diharapkan informasi pelatihan 1 juta petani ini bisa diikuti oleh petani-petani lainnya anggota Poktan dan Gapoktan. 

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo dalam arahannya mengatakan, SDM pertanian berkualitas termasuk prioritas Kementerian Pertanian. Sebab, target produktivitas tinggi harus diberikan. 

Tujuannya untuk mendukung program ketahanan pangan nasional. Untuk itu, pelatihan penyuluh dan petani harus diberikan karena pertanian sangat dinamis.

Kepala BPPSMDP Kementan, Dedi Nursyamsi dalam arahannya mengatakan, pelatihan 1 juta petani dan penyuluh ini merupakan upaya untuk menaikkan kompetensi SDM pertanian secara massif yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertanian. 

"Kementan tetap berkomitmen untuk terus memajukan kompetensi SDM pertaniannya. Sebab, pertanian memiliki posisi penting terkait ketahanan pangan. Secara bisnis, pertanian juga sangat kompetitif dan tidak terpengaruh oleh pandemi Covid-19," terangnya.

Anggota Tim penanggung jawab Pelatihan 1 juta petani BBPP Binuang yang sedang on duty di lapangan, Tota Totor Naibaho menjelaskan, pelatihan ini sangat penting untuk petani dan penyuluh pertanian, karena materi pelatihan yang nantinya disampaikan tentunya bermanfaat buat petani dan penyuluh di seluruh Indonesia.

Adapun materi yang akan disampaikan oleh narasumber-narasumber pada saat pelatihan adalah Pemanfaatan Kompos dan Pengenalan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Saat sosialisasi juga diikuti dengan teknis cara pendaftaran agar petani dapat dengan segera mendaftar.

Setelah mengikuti pelatihan peserta juga berhak mendapatkan sertifikat pelatihan yang ditandatangani langsung oleh Menteri Pertanian. 

Mulyadi SP, Penyuluh di BPP Pandawan, HST mengatakan, tingkat antusiasme petani di wilayah kerjanya cukup antusias. Hanya ada beberapa petani, di mana NIK-nya belum terdaftar di Simluh dan sudah ditangani dengan melaporkan admin Simluh di BPP, sehingga petani tetap berhasil didaftarkan. 

"Sampai saat ini jumlah petani di Pandwan yang sudah berhasil mendaftar sebanyak 520 orang, beberapa hari ke depan masih terus membantu menyebarkan informasi ini dan membantu petani untuk mendaftar," jelasnya.
 
Juhriansyah, salah satu petani yang hadir pada saat pelatihan tersebut mengaku sudah mendaftar dan siap mengikuti pelatihan sejuta petani dan penyuluh yang rencananya akan dibuka oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). 

Para petani berharap melalui pelatihan online sejuta petani ini bisa membangkitkan semangat petani Indonesia untuk rajin bertani dan menyediakan pangan untuk bangsa ini. 

Adapun pelatihan 1 juta Petani dan Penyuluh ini akan diselenggarakan pada tanggal 28 Juli sampai dengan 1 Agustus 2021 bertempat dari lokasi masing-masing peserta secara virtual. 

Pelatihan 1 juta Petani dan Penyuluh merupakan upaya untuk menaikkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) pertanian secara massif yang digelar oleh Kementerian Pertanian. 

Untuk teknis registrasi pendaftarannya, cara registrasi dapat dilihat melalui media flyer yang sudah dibagikan dan dishare ke seluruh penjuru sosial media insan pertanian. 

Pendaftaran pelatihan berdasarkan NIK petani dan penyuluh yang sudah terdaftar di Aplikasi Simluh, apabila NIK tidak terdaftar diharapkan dapat menghubungi admin Simluh wilayah masing-masing. 

Program Pelatihan 1 Juta Petani dan Penyuluh digelar secara offline dan online dengan materi yang beragam. Untuk offline, zonasi implementasinya akan dibagi pada UPT lingkup BPPSDMP. 

Sedangkan untuk Pelatihan secara online akan dilaksanakan melalui Kostratani, Kostrada dan Kostrawil.[advertorial]

Berikut link form registrasi peserta pelatihan 1 juta petani dan penyuluh.
Penyuluh : http://latihanonline.pertanian.go.id/registrasi/pendaftaran_penyuluh1jt.php
Petani : http://latihanonline.pertanian.go.id/registrasi/pendaftaran_petani1jt.phpgc
Insan pertanian lain :
http://latihanonline.pertanian.go.id/registrasi/pendaftaran_pesertalain1jt.php


loading...

Posting Komentar

0 Komentar