Pendamping PKH Bergerak Proaktif Dukung Vaksinasi Covid-19 bagi Lansia

Pendamping PKH Bergerak Proaktif Dukung Vaksinasi Covid-19 bagi Lansia

KUALA KAPUAS, MK - Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) bergerak proaktif mendukung vaksinasi Covid-19 untuk Lanjut Usia (Lansia)

Di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, misalnya, hampir semua Lansia penerima PKH sudah tervaksinasi dengan bantuan pendamping.

Dengan bantuan mobilisasi dari para Pendamping PKH, hampir semua Lansia penerima PKH di Kecamatan Kapuas Timur, dapat menerima vaksin. 

Salah satu lansia Abdul Hadi (65) mengaku senang dapat bantuan mobilisasi dari pendampingnya. 

“Alhamdulillah, saya senang karena diantar oleh mas-mas dari PKH,” katanya. 

Gerakan vaksinasi yang dilaksanakan di berbagai wilayah juga dimanfaatkan SDM PKH guna melindungi dan membantu dampingannya. 

SDM PKH, menyambut gerakan ini sebagai bagian mengubah perilaku KPM agar menjadi lebih peduli terhadap kesehatan. 

Terpisah, Kepala Dinas Sosial Kapuas, Budi Kurniawawan menyampaikan, pihaknya telah mengarahkan seluruh anggota Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) yang ada di wilayah kecamatan dan desa.

Sebut saja seperti Karang Taruna, pekerja sosial masyarakat, tenaga sosial masyarakat dan pendamping PKH (Program Keluarga Harapan) untuk memfasilitasi proses vaksinasi dan bekerja sama dengan Satgas Covid setempat.

“Kami sudah perintahkan mereka pendamping program untuk menyampaikan ke semua KPM (Keluarga Penerima Manfaat) untuk wajib vaksin," kata Budi Kurniawan, Kepala Dinsos Kapuas, Selasa (15/6/2021).

Menurutnya, tidak hanya kepala keluarganya tetapi seluruh anggota keluarganya di dalam satu KPM, termasuk kelompok lanjut usia (lansia).

Hal itu, lanjut dia, dilakukan dalam upaya percepatan dan menyukseskan program percepatan vaksinasi Covid-19, khususnya di wilayah Kabupaten Kapuas.[anshari]


Lebih baru Lebih lama