Pasar Tani yang Digelar Pemkot Mendapat Aplaus DPRD Palangka Raya

Pasar Tani yang Digelar Pemkot Mendapat Aplaus DPRD Palangka Raya

PALANGKA RAYA, MK - Adanya pasar tani yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Palangka Raya melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan mendapat aplaus dari DPRD setempat.

"Pelaksanaan pasar tani ini patut diapresiasi, karena sebagai salah satu cara membantu pemasaran produk pertanian sekaligus sebagai upaya mendorong memulihkan perekonomian para petani," ungkap anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Heri Purwanto, Selasa (15/6/2021).

Menurutnya, kesulitan para petani memasarkan produk pertaniannya sejauh ini tentu harus mendapat perhatian oleh pemerintah.

Oleh karena itu, perlu adanya strategi mengatasi hal tersebut, sehingga para petani tidak lagi kesulitan dalam hal pemasaran.

"Kemudahan dalam memasarkan produk pertanian ini berkaitan dengan ekonomi. Kita tahu sekarang ini pemulihan ekonomi menjadi salah satu fokus, sehingga para petani juga harus mendapat perhatian," tambahnya.

Memang harus disadari, lanjutnya, hasil pertanian yang di jual di pasar-pasar tradisional selama ini, sebagian besarnya dipasok dari luar daerah. Sisi baiknya tentu bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pasar, namun diharapkan hal tersebut tidak berdampak buruk bagi para petani lokal untuk memasarkan hasil pertaniannya.

"Persoalan ini harus diperhatikan, supaya ada langkah agar petani Palangka Raya dapat dengan mudah memasarkan hasil pertanian mereka. Terpenting juga harus ada upaya mengurangi ketergantungan," ucapnya.

Ia menambahkan, salah satu yang bisa dilakukan yakni dengan terus menerus memberi bantuan kepada para petani lokal agar tetap bisa menjalankan aktivitasnya termasuk mengupayakan peningkatan produksi pertanian.

Ia juga mengharapkan pemerintah dapat memberikan bantuan ruang pemasaran, seperti halnya pelaksanaan pasar tani secara berkelanjutan yang artinya tidak hanya melihat dari sisi peningkatan produksi, namun bantuan tersebut lebih kepada dukungan kepada para petani.

"Program pasar tani ini bisa lebih berkesinambungan, mengingat pasca panen perlu juga dipikirkan bagaimana membantu petani memasarkan hasil bertani. Setidaknya memberikan suntikan semangat bagi para petani yang nota bene pejuang ketahanan," tutupnya.[kenedy]


Lebih baru Lebih lama