Melalui Seni Karawitan, Babinsa Ini Eratkan Komunikasi sesama Warga

Melalui Seni Karawitan, Babinsa Ini Eratkan Komunikasi sesama Warga

KOTABARU, MK - Latihan perdana karawitan atau gamelan dan campursari digelar Babinsa Koramil 1004-08/Plu di Aula Pos Koramil Pulau Laut Tengah, Kotabaru, Sabtu (19/6/2021) malam.

Kegiatan bersama Sanggar Seni "Mega Budaya" ini tampak dihadiri Ketua Seni dan Budaya Karawitan dan Campursari, H Rubikin. Tentunya juga Babinsa Mekarpura, Sertu M Ansori, warga dari Desa Megasari, Desa Salino serta Desa Sambega.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk melestarikan seni dan budaya karawitan campursari. Kegiatan ini diketuai Purn Pelda H Rubikin.

Rubikin mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu untuk melestarikan budaya Jawa yang berada di Kabupaten Kotabaru, khususnya di wilayah Pulau Laut Tengah.

"Ini perlu kita kembangkan, di mana kita perlu adanya pembinaan khusus kepada masyarakat guna mempererat silaturahmi dan menjalin kebersamaan sesama warga," tuturnya.

Menurutnya, musik yang berasal dari Jawa, yaitu karawitan gamelan dan campursari merupakan seni budaya yang perlu dikembangkan dan dilestarikan untuk dijaga dengan mengenalkan kepada anak dan generasi muda, khususnya di Pulau Laut Tengah. Kegiatan ini juga sebagai komunikasi sosial dalam pelestarian seni dan budaya.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Babinsa yang selalu memberikan semangat kepada warga untuk turut serta dalam melestarikan kesenian tradisional ini," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Komandan Kodim 1004/Ktb, Letkol Inf Roy Fakhrul Rozi melalui Koramil 1004-08/Plu, Kapten Eko Nugroho diwakili Babinsa Mekarpura Sertu M Ansori mengatakan, seni dan budaya sosial ini adalah budaya Jawa dengan kesenian karawitan gamelan dan campursari.

"Komunikasi sosial ini menjadi tugas dan tanggung jawab Babinsa untuk mengetahui perkembangan wilayah binaannya di bidang seni dan budaya untuk lebih mempererat hubungan antara Babinsa dengan masyarakat," jelasnya.

Dengan kegiatan ini diharapkan dapat mempersatukan warga desa. Seni budaya ini diharapkan bisa dilaksanakan secara rutin dan dapat berperan aktif dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan warga.

"Ini juga merupakan salah satu bentuk kedekatan antara Babinsa dan warga masyarakat desa binaan, untuk menciptakan kerukunan antara TNI bersama rakyat sehingga tercapailah kemanunggalan TNI dengan rakyat," pungkas Ansori.[zainuddin]



Lebih baru Lebih lama