Lanjutkan Pembangunan, Kalteng Coba Jalin Kerjasama dengan Negara Rumania

Lanjutkan Pembangunan, Kalteng Coba Jalin Kerjasama dengan Negara Rumania

PALANGKA RAYA, MK - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran menyampaikan upaya pembangunan di Kalteng terus dilakukan. Salah satunya mencoba akan melakukan kerjasama dengan Negara Rumania.

Itu dibuktikan dengan adanya Pemerintah Provinsi Kalteng dengan Delegasi Rumania membicarakan tentang sejumlah komoditas yang dikembangkan di provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai itu.

"Kami sudah bertemu dan berkoordinasi serta diskusi. Dalam pertemuan tersebut kami juga menggali peluang agar bisa bekerjasama, seperti pertanian dan lainnya, hingga akhirnya bermuara pada kegiatan ekspor maupun impor," kata Gubernur Sugianto, Kamis (3/6/2021).

Gubernur Suginto juga melakukan pertemuan dengan Delegasi Rumania yang juga membahas tentang kerja sama terkait teknologi modifikasi cuaca untuk Food Estate, sehingga ada berbagai program tersusun dalam membangun Kalteng hingga Indonesia.

Sugianto menuturkan, rencana teknologi modifikasi cuaca tersebut, arahnya adalah untuk mendukung pengembangan food estate maupun nantinya antisipasi penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Kita ada musim hujan, musim kemarau, ini bisa diatur dengan teknologi mereka. Dengan adanya teknologi ini diharapkan bisa mengantisipasi adanya kekeringan. Berbagai potensi program itu nantinya akan kita pelajari dan kolaborasikan dengan baik, terutama dalam membantu daerah Kalteng dan masyarakat," sebutnya.
 
Sementara itu, Presiden Konfederasi Pekerja Rumania HE Tanasa Dumitru menyampaikan, pihaknya ingin mengembangkan hubungan ekonomi dan kerja sama antara Rumania dan Indonesia khususnya diwilayah Kalteng. 

"Hal ini seiring dengan hal hubungan politik terjalin dengan baik sekali. Kami mengusahakan agar semua bidang dapat berkembang," ungkapnya.

Dumitru menjelaskan, banyak sektor yang pihaknya bahas bersama, dan berpotensi untuk dikerjasamakan kedepannya. 

"Yang penting sekali adalah tentang modifikasi cuaca, pengelolaan limbah dan pengelolaan air," bebernya.

Dumitru menuturkan, negaranya mengundang secara resmi Gubernur Kalteng agar dapat mengunjungi Rumania yang waktunya nanti akan ditetapkan bersama, yang bertujuan untuk dikenalkan prospek pengembangan perekonomian, pemerintahan hingga studi banding lainnya.

Hadir pada kegiatan itu, para Tim Ahli Perusahaan IAA, diantaranya Doeu Dorian Popescu, Eduard Popescu dan Razvan Mihilescu. Turut mendampingi gubernur sejumlah kepala perangkat daerah, seperti Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Kalteng Sunarti serta lainnya.

Usai kegiatan itu, Gubernur Sugianto mengaku akan melakukan rapat untuk menentukan jadwal keberangkatan, guna dapat pengalaman hingga studi banding mengenai prospek program pembangunan.

"Jajaran Provinsi Kalteng mengucapkan terima kasih atas kedatangan Delegasi Rumania dan terlaksananya pertemuan di Kantor Gubernur Kalteng. Semoga langkah ini dapat berjalan dengan baik dan bagus," tukasnya.[kenedy]


Lebih baru Lebih lama