Komisi B DPRD Kota: Volume Sampah Harus Bisa Dikurangi

Komisi B DPRD Kota: Volume Sampah Harus Bisa Dikurangi

PALANGKA RAYA, MK - Sebagai upaya mengurangi volume sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA), kalangan DPRD Kota Palangka Raya mendorong agar pemerintah daerah setempat bisa segera melakukan upaya dan penanggulangannya.

"Kita tahu jika hal itu tidak bisa dihindari, jika pola konsumsi akan kebutuhan pangan sangat tinggi sehingga berdampak pada volume sampah yang  tinggi pula," ucap Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Nenie Adriati Lambung, Selasa (18/5/2021).

Dilanjutkannya, seiring  kondisi tersebut, maka harus ada upaya antisipasi dini terhadap tingginya volume sampah, terutama untuk dilakukan oleh dinas terkait dalam melakukan penanganan pada titik-titik atau pusat keramaian masyarakat.

Sebut saja, bebernya, seperti pasar atau tempat pembuangan sampah yang ada dilingkungan masyarakat, tentu harus terus dipantau dan langsung dilakukan penanganan agar sampah tidak menumpuk atau meluber.

"Jika penumpukan sampah dibiarkan begitu saja atau lambat diantisipasi, bisa saja menimbulkan beban pekerjaan bagi instansi itu sendiri," imbuhnya.

Politisi PDI Perjuangan ini berharap, pemerintah daerah melalui dinas teknis bisa lebih mengoptimalkan lagi upaya dalam mengurangi sampah terutama sampah plastik yang sangat sulit terurai.

"Tidak ada salahnya pemantauan sekaligus penanganan sampah dilakukan sejak dini dan secara kontinyu sehingga pekerjaan dalam hal kebersihan ini tidak berlarut-larut menunggu menjadi parah dan menjadi beban di kemudian hari. Kita harap instansi terkait tidak lengah dalam hal ini," tukasnya.[kenedy]


Lebih baru Lebih lama