Triwulan II, Bupati Edy: Paling Penting Output Kegiatan Bermanfaat bagi Masyarakat

Triwulan II, Bupati Edy: Paling Penting Output Kegiatan Bermanfaat bagi Masyarakat

PULANG PISAU, MK - Program dan kegiatan tahun 2021 di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, sudah memasuki triwulan II.

Sebelumnya, pemerintah kabupaten (pemkab) setempat telah menyampaikan capaian realisasi fisik maupun keuangan melalui rapat koordinasi dan pengendalian (rakordal) pelaksanaan rencana pembangunan triwulan I tahun anggaran 2021. 

Memasuki triwulan II ini, Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo berharap, agar program dan kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan nantinya tidak hanya sekedar tepat waktu dengan target yang telah ditetapkan.

"Tetapi yang paling penting bagaimana output setiap kegiatan tersebut dapat bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat, pemulihan ekonomi masyarakat dan dapat mengurangi angka kemiskinan dampak dari Pandemi Covid-19 ini," katanya, Sabtu (17/4/2021).

Dari itu, tambahnya, setiap SOPD dilingkungan Pemkab Pulang Pisau dapat menyusun program prioritas sesuai hasil usulan Musrenbang, baik tingkat desa/kelurahan maupun kecamatan. 

"Jadi, di triwulan II ini outputnya tadi harus bermanfaat bagi masyarakat," tegasnya.

Sementara, perlu diketahui realisasi fisik dan keuangan pada pada triwulan I masih sangat rendah, yakni 6,5 persen.

Selain itu faktor lain, penyebabnya adalah adanya pemotongan anggaran atau refocusing untuk penanganan Covid-19. 

"Karena memang penanganan Covid-19 ini masih menjadi perhatian serius pemerintah. Jadi, itu salah satu realisasi fisik dan keuangan kita capaiannya masih rendah di triwulan I ini," ungkap Bupati Edy.

Saat ini, kata Edy, dokumen perubahan untuk anggaran tersebut sudah dikirim ke pemerintah provinsi Kalteng untuk mendapatkan evaluasi dari gubernur Kalteng. 

"Harapan kami pada triwulan selanjutnya realisasi keuangan dan fisik dapat mencapai target. Paling tidak mendekati," tandasnya.[manan]
Lebih baru Lebih lama