PPWI Pulpis Kecam Pelaku Pemukulan Anak diawah Umur, Riduan: Ini Sudah Keterlaluan

PPWI Pulpis Kecam Pelaku Pemukulan Anak diawah Umur, Riduan: Ini Sudah Keterlaluan

PULANG PISAU, MK - Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) Kabupaten Pulang Pisau mengecam atas tindakan oknum aparat Desa Kanamit, Kecamatan Maliku, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, atas dugaan pemukulan terhadap seorang bocah berusia 13 tahun berinisial YW.

Itu ditegaskan langsung oleh Riduan, Ketua PPWI Pulang Pisau, Rabu (3/3/2021) usai mendapat informasi adanya dugaan pemukulan terhadap korban dibawah umur.

"Kami dari organisasi PPWI Pulpis mengecam dugaan tindakan pemukulan oleh oknum aparatur desa itu. Apabila nantinya memang terbukti, maka kami minta diberlakukan hukum positif kepada pelaku, karena ini sudah Keterlaluan," pintanya menegaskan. 

Menurut pria yang juga wartawan senior ini, masa depan bangsa ini terletak pada anak-anak. Dari itu, setiap warga negara yang baik dan patuh pada aturan mampu memberikan  perlindungan maksimal terhadap generasi penerus bangsa itu.

"Anak-anak ini merupakan investasi bagi masa depan kemajuan bangsa. Jadi, jangan sampai diberlakukan secara tidak adil. Apalagi sampai dipukul atau dianiaya," tuturnya.

Diterangkan Riduan, dalam penjelasan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014, perlindungan dan pemenuhan hak asasi anak menjadi tanggung jawab pemerintah, pemerintah daerah, masyarakat, keluarga, dan orang tua.

"Di negara kita ini perlunya perlindungan terhadap anak didasarkan atas tiga pemahaman. Pertama, anak dipahami sebagai bagian dari warga negara yang wajib dilindungi oleh negara. Kedua, anak merupakan amanah dan karunia Tuhan yang di dalamnya melekat harkat dan martabat manusia seutuhnya. Ketiga, anak merupakan generasi penerus cita-cita bangsa dan menjamin eksistensi bangsa dan negara pada masa depan," ungkapnya.

Selanjutnya, dijelaskan Riduan, negara melihat anak sebagai generasi penerus bangsa sehingga perlu dilindungi. Hal ini ditegaskan dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002, agar setiap anak kelak mampu memikul tanggung jawab tersebut menjamin kelangsungan eksistensi bangsa dan negara pada masa yang akan datang.

"Jadi, anak perlu mendapatkan kesempatan seluas-luasnya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal, baik fisik, mental, maupun sosial, dan berakhlak mulia. Sehingga perlu dilakukan upaya perlindungan serta untuk mewujudkan kesejahteraan anak dengan memberikan jaminan terhadap pemenuhan hak-haknya serta adanya perlakuan tanpa diskriminasi," bebernya.

"Kemudian lagi, jaminan atas pelaksanaan perlindungan dan kesejahteraan anak oleh negara tampak dari berbagai aturan perundangan yang ditetapkan. Maka, sekali lagi kami dari PPWI Pulpis mengecam dan meminta seluruh pihak terkait, baik penegak hukum maupun dinas perlindungan anak Pulpis menindak oknum tersebut," tegasnya lagi.

"Hal itu, agar dikemudian hari jangan sampai terulang lagi kasus serupa. Bila perlu pecat langsung oknum aparatur dimaksud, rugi rakyat menggaji oknum sepeti itu," pungkas Riduan yang merupakan anak asuh dari Ketua PPWI Pusat Wilson Lalangke.[manan]

Lebih baru Lebih lama