Bupati Ampera Sampaikan Arahan Pioritas Pembangunan Tahun 2022 di Bartim

Bupati Ampera Sampaikan Arahan Pioritas Pembangunan Tahun 2022 di Bartim

TAMIANG LAYANG, MK - Bupati Barito Timur (Bartim), Ampera AY Mebas mengungkapkan, khusus untuk program dan kegiatan pembangunan tahun 2022 yang dibahas bersama dalam Musrenbang Kecamatan berdasarkan hasil Musrenbang dari tingkat Desa atau Kelurahan yang telah dilaksanakan sebelumnya, tetap mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah atau RPJMD Kabupaten Bartim tahun 2018-2023.

Hal itu diungkapkan oleh orang nomor satu di Gumi Jari Janang Kalalawah tersebut saat Musrenbang tingkat kecamatan Awang yang dilakukan secara virtual, baru-baru ini.

"Diprioritaskan pada pembangunan infrastruktur, pembangunan SDM dan peningkatan perekonomian masyarakat berbasis pembangunan ekonomi
kerakyatan, sesuai dengan tema pembangunan Tahun 2022, yaitu peningkatan daya saing daerah dalam
pembangunan ekonomi berkelanjutan," ucapnya, Kamis (11/2/2021). 

Adapun sasaran yang ingin dicapai tahun 2022, lanjut Ampera, meningkatkan daya saing ekonomi unggulan daerah, meningkatkan daya tarik pariwisata daerah, meningkatkan pemerataan pendapatan masyarakat, meningkatkan investasi daerah dalam mengurangi pengangguran, meningkatkan pemenuhan kebutuhan infrastruktur dasar masyarakat serta meningkatkan kualitas pengelolaan lingkungan hidup. 

Sedangkan, urainya, arah kebijakan tahun 2022 adalah pengembangan usaha
pertanian, peningkatan produktivitas sektor perikanan, penumbuhan industri kecil dan menengah, pengembangan kawasan industri potensial, pengembangan infrastruktur dan akomodasi wisata desa atau kelurahan.

"Peningkatan pengelolaan objek wisata, optimalisasi sinergitas lintas sektoral dalam bidang kepariwisataan, peningkatan peranan koperasi dalam mendukung usaha masyarakat, peningkatan akses permodalan bagi masyarakat, optimalisasi akses permodalan bagi wirausaha, peningkatan daya tarik investasi daerah," tuturnya.

Selain itu, bebernya, penciptaan lapangan kerja melalui bantuan modal usaha, peningkatan sarana dan prasarana perhubungan, peningkatan aksesibilitas antar wilayah desa dan kecamatan, penanganan persampahan tepat guna dan berwawasan lingkungan, penerapan sistem pengawasan secara konsisten terhadap kerusakan lingkungan hidup dan pembangunan fasilitas ruang terbuka publik yang representatif.

"Saya berharap, usulan yang disampaikan dalam Musrenbang tingkat kecamatan merupakan percepatan untuk mencapai tema pembangunan tersebut. Semoga apa yang kita laksanakan saat ini dapat bermanfaat untuk kemajuan Kabupaten Barito Timur," tutupnya.[rama]
Lebih baru Lebih lama