Manfaatkan Lahan Kosong, Camat Pematang Karau Ajak Buka Peluang Usaha

Manfaatkan Lahan Kosong, Camat Pematang Karau Ajak Buka Peluang Usaha


TAMIANG LAYANG, MK - Agar lahan kosong dapat dimanfaatkan diperlukan ide-ide bermanfaat dan program yang bisa menjadi peluang usaha dalam berbagai sektor di setiap desa. 

Sebagai Camat Pematang Karau, H Edy Adwar mengajak Pemerintah Desa (Pemdes) secara khusus di wilayah Kecamatan Pematang Karau, Kabupaten Barito Timur (Bartim) agar bisa melihat peluang yang berpotensi dan menciptakan pertumbuhan ekonomi secara merata.

Menurutnya, tiap-tiap Kepala Desa sudah menyiapkan Rancangan Anggaran Pembangunan Desa (RAPBDes) yang disusun untuk pemulihan ekonomi pada program berkala yang mampu membuktikan pertumbuhan ekonomi masyarakat dengan kegiatan yang mudah dilaksanakan, cepat menghasilkan dan murah pendanaannya.

"Sebenarnya dalam penyusunan RAPBDes 2021, tidak sulit dan sangat gampang. Saat ini masanya pemulihan ekonomi masyarakat. Kita merancang kegiatan/program yang mudah, murah, cepat menghasilkan untuk masyarakat," ucapnyat, Kamis (28/1/2021).

Ia meminta masing-masing Pemdes membuka lahan kosong yang bisa menjadi Pendapatan Asli Desa (PAD) serta menghidupkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di berbagai sektor yang berpotensi menjadi daya beli masyarakat Desa.

"Pemdes bisa memberdayakan petani untuk mengembangkan produk pertanian seperti jahe merah, jagung, buah-buahan, singkong, dan lain-lan. Tentunya diawali dengan pelatihan tekhnis. Begitu juga dengan pembanguna Infrastruktur, seperti jalan usaha tani, peralatan atau handtructor, pondok pertemuan, embung, pipanisasi dan seterusnya," jelasnya.

Selama ini, tambahnya, dan ketika membaca isi rancangan yang disusun oleh desa hanya sedikit presentase yang mengarah ke program atau kegiatan yang disebutkan tadi, mari manfaatkan yang bersumber dari pertanian dan perkebunan.

"Kita tidak memungkiri didalam RPJM Desa. Itu kan buatan kita juga yang bisa direview atau direvisi. Jangan kaku dengan keadaan, mari kita memanfaatkan lahan kosong menjadi hijau, dengan semangat dan kemauan serta utamakan kebersamaan, musyarawah dan saling berkoordinasi," pungkasnya.[rama]

Lebih baru Lebih lama