Korban Banjir Butuh Obat-obatan, Legislator Ini Surati Kemenkes

Korban Banjir Butuh Obat-obatan, Legislator Ini Surati Kemenkes

BANJARMASIN, MK - Surat permohonan persetujuan bantuan obat-obatan untuk korban banjir telah dilayangkan Anggota Komisi IX DPR RI asal Kalimantan Selatan, H Muhammad Nur ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes). 

Surat tertanggal 18 Januari 2021 yang ditujukan kepada Direktur Tata Kelola Obat Publik dan Perbekalan Kesehatan itu meminta agar dapat membantu masyarakat Kalsel yang saat ini, mengalami musibah banjir.

"Saat ini masyarakat banua sedang membutuhkan bantuan, tidak hanya makanan tetapi obat-obatan dalam pasca dilanda banjir ini," ungkap M Nur, kepada wartawan, Kamis (28/1/2021).

Untuk itulah, politisi Fraksi Gerindra DPR RI ini menyurati Kemenkes agar dapat membantu kebutuhan masyarakat Kalsel yang menjadi korban banjir terkait kebutuhan obat-obatan.

Langkah ini dilakukan HMR sapaan putra tokoh Kalsel H Abidin, sebagai akses cepat mendapatkan bantuan obat-obatan untuk korban banjir. 

Terlebih dikarenakan dirinya yang saat ini duduk di Komisi IX membidangi kesehatan punya akses sebagai wakil rakyat untuk membantu saudara-saudaranya di banua mendapatkan kebutuhan dimaksud.

"Alhamdulillah, setelah surat itu kita sampaikan ternyata mendapatkan respon cepat dari Kemenkes. Kita mendapatkan sebanyak 12 dus besar obat-obatan atau perkiraan saya kurang lebih 4000 biji obat-obatan dalam bentuk berbagai macam jenis obat," ujarnya.

Adapun jenis obat-obatan tergolong standar yang diberikan sebagai kebutuhan korban banjir, seperti vitamin, obat sakit kepala, obat demam, obat merah, obat batuk-batuk, salep kutu air dan lainnya.

"Setelah kita dapatkan. Obat-obatan ini langsung didistribusikan ke kabupaten terdampak maupun korban banjir di pengungsian yang saat ini membutuhkan," jelasnya.

Tidak hanya obat-obatan, Ia juga mengajukan bantuan berupa makanan pendamping untuk ibu hamil dan balita.

"Saya sudah berkomunikasi dengan pak menteri, semoga dalam minggu-minggu ini bisa terealisasi dan segera kita salurkan ke masyarakat, terutama yang terdampak banjir," pungkasnya.[toso]

Lebih baru Lebih lama