Intensitas Hujan Tinggi, Warga DAS Barito Diingatkan Waspada Bahaya Banjir

Intensitas Hujan Tinggi, Warga DAS Barito Diingatkan Waspada Bahaya Banjir

BUNTOK, MK - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Ensilawatika Wijaya mengingatkan masyarakat yang berada di bantaran sungai untuk waspada akan bahaya banjir. 

Khususnya masyarakat yang berada di bantaran sungai, danau, rawa, maupun masyarakat yang tinggal di dataran rendah, mengingat akhir-akhir ini intensitas hujan sedang meninggi, ditambah debit air sungai otomatis berpotensi naik. 

Menurutnya, tidak menutup kemungkinan juga daerah Barsel berpotensi menerima banjir kiriman dari hulu Sungai Barito.

"Karena itu, hendaknya masyarakat mengutamakan aspek keselamatan dan senantiasa waspada akan bencana banjir," ucap Ensilawatika Wijaya, Senin (18/1/2020).

Dia mengingat masyarakat akan bahaya banjir, lantaran masyarakat di provinsi tetangga Kalimantan Selatan (Kalsel), sedang terkena bencana banjir hingga saat ini. 

Banjir juga mengakibatkan arus lalu lintas menuju Provinsi Kalsel sampai saat ini terganggu total. Masyarakat Barsel, sebagaimana diketahui bersama masih banyak mengandalkan sarana transportasi air, terutama yang bermukim di bantaran Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito.

"Masyarakat harus selalu mengutamakan keselamatan dalam menggunakan transportasi air. Semua itu dilakukan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan bersama saat menggunakan transportasi air," ungkap politisi PDI Perjuangan ini.[deni]

Lebih baru Lebih lama