Kepala UPT BPPSDMP Kementan Kunker ke BBPP Binuang

Kepala UPT BPPSDMP Kementan Kunker ke BBPP Binuang

BINUANG, MK - Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang, Kalimantan Selatan belakangan ini disibukkan dengan aksi gotong royong di lingkungan Balai. 

Setelah ditelusuri, ternyata BBPP Binuang akan kedatangan tamu istimewa yaitu Rombongan Kepala UPT Lingkup Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian.

Rombongan para Kepala Balai ini diagenda akan melakukan kunjungan kerja (kunker) ke BBPP Binuang, tepatnya pada Kamis, 17 Desember 2020. 

Rombongan Kepala UPT BPPSDMP Kementan tiba di depan kantor BBPP Binuang. Rombongan langsung mengunjungi Pasar Tani yang telah ramai dikunjungi pembeli. 

Terlihat para Kepala UPT sangat antusias mengunjungi Pasar Tani sambil membeli produk-produk jualan. Tak lupa juga para rombonga kompak untuk mengabadikan aktifitas Pasar Tani dan melakukan swafoto.  

Pada kesempatan yang sama, Tota Totor Naibaho, selaku manager IA Mart mengatakan, Pasar Tani IA Mart sedianya menjual produk-produk pertanian dari lahan praktek BBPP Binuang.

Sebut saja seperti bermacam sayuran, buah, tomat, kacang tanah, benih sayuran dan ragam hasil pertaniannya lainnya, termasuk produk olahan dari Balai seperti sari nanas, serbuk jahe, jamu kunyit dan masih banyak lagi. 

Selain itu, Pasar Tani IA Mart juga menjual produk dari lab agensia hayati berupa trichoderma cair dan PGPR. Pasar Tani IA Mart juga membuka lapak untuk petani sekitar memasarkan produk pertanian Pasar Tani IA Mart, hal tentunya akan memudahkan petani dalam menjual hasil pertaniannya.

Setelah berkunjung dari Pasar Tani, Rombongan Kepala UPT langsung menuju Aula Bangkinang BBPP Binuang untuk mengikuti rapat virtual membahas Program Kerja Tahun 2021, Persiapan dan Koordinasi Peningkatan SDM di Kawasan Food Estate Kalimantan Tengah. 

Setelah itu dilanjut dengan Acara Ramah Tamah dengan seluruh Pegawai BBPP Binuang.

Tak lupa Kepala Balai BBPP Binuang, Dr Ir Yulia Asni Kurniawati M.Si menyampaikan selayang pandang dan ucapan selamat datang atas kedatangan Rombongan Kepala UPT di Balai Besar Pelatihan Pertanian Binuang. 

Pada acara Ramah Tamah juga, Manajer Divisi Pemasaran Tota Totor Naibaho juga mempersentasikan Konsep Model Korporasi yang telah dijalankan oleh BBPP Binuang dalam menjalankan unit usaha dengan mensinergikan semua divisi dalam model bisnis satu pintu. 

Kepala Balai mengatakan, Model bisnis korporasi ini sudah dijalankan di BBPP Binuang, tentunya konsep model bisnis ini memiliki kontribusi besar dalam menyumbang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di BBPP Binuang. 

"Kami telah memiliki 3 unit bisnis yaitu IA Mart, IA Cafe dan Pasar Tani, tentunya unit bisnis bersinergi dengan divisi-divisi yang ada untuk menghasil produk dan memasarkan ke konsumen akhir," terangnya. 

Pada kesempatan yang sama, semua Kepala UPT merasa istimewa atas sambutan BBPP Binuang, banyak diantara mereka yang tak segan-segan melontarkan pujian dan bangga atas apa yang BBPP Binuang kerjakan selama ini.

Wasis Sarjono, Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batu, Jawa Timur mengatakan, Kunker kali ini menjadi momentum kebangkitan SDM BBPP Binuang, luar biasa apa yang telah disampaikan memang benar-benar sudah dikerjakan.

"Dan ini harus ditumbuhkembangkan, etos kerjanya harus direplikasi oleh semua UPT lingkup BPPSDMP Kementan," jelasnya.[advertorial]

Lebih baru Lebih lama