Ke Murung Raya, Habib Ismail Tinjau Kesiapan Pilkada

Ke Murung Raya, Habib Ismail Tinjau Kesiapan Pilkada

PURUK CAHU, MK - Terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2020, Wakil Gubernur Kalteng, Habib Ismail Bin Yahya meninjau kesiapan di Kabupaten Murung Raya (Mura), Senin (7/12/2020).

Di Kabupaten berjuluk Bumi Tana Malai Tolung Lingu itu, Habib Ismail berkunjung ke Kantor KPU setempat dan menggelar pertemuan dengan Bupati Mura, Perdie M Yoseph dan Wakilnya Rejikinoor, pimpinan DPRD, Kasat Intel, Danramil, Ketua KPU, dan Ketua Bawaslu setempat. 

"Tadi setelah rapat sejenak dan ada pertemuan, Alhamdulillah saya memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada Kabupaten Murung Raya di bawah pimpinan Perdie M Yoseph, karena saya dengar tadi semuanya sudah terkendali bukan terkendala," ungkap Habib Ismail.

Habib Ismail juga mengungkapkan bahwa berdasarkan laporan Ketua KPU Kabupaten Mura, logistik Pilkada termasuk alat pelindung diri (APD) pendukung protokol kesehatan Covid-19 sudah terdistribusi dengan baik ke kecamatan-kecamatan terjauh dan Insya Allah akan terdistribusi seluruhnya sampai ke desa-desa.

"Didukung cuaca juga. Andaikata hujan agak sulit. Ini tidak hujan beberapa hari. Semoga sampai Pilkada cuaca tetap seperti ini," ucapnya.

Wagub juga mengingatkan bahwa Pilkada tahun ini adalah Pilkada yang terberat. Bukan karena keributan dan kerusuhan, melainkan karena pandemi Covid-19. 

"Untuk itu, saya mengingatkan untuk hati-hati dan seluruh kita, baik Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD, dan semua yang ada di sini wajib saling mengingatkan kepada kita sendiri, keluarga kita, dan orang-orang yang punya kepentingan dengan kita, dan seluruh masyarakat Murung Raya untuk hati-hati tatkala pelaksanaan Pilkada dan menjalankan protokol kesehatan," tegasnya.

Wagub juga berharap masyarakat bisa menjaga sikap, menjaga diri, dan menjaga hati dalam proses Pilkada ini. 

"Bahwa ini hanya suatu proses untuk memilih Pemimpin Daerah yang mengatur daerah kita, bukan proses untuk menang dan kalah saja. Tatkala waktu kampanye ada sedikit gesekan-gesekan, tatkala ini sudah masa tenang, dan Pilkada berjalan, ayo yang dulu berseberangan, ayo mari kita berangkul lagi, bersatu lagi, berkumpul lagi seperti dulu," imbaunya.

Lebih lanjut, dirinya meminta masyarakat untuk menerima dengan lapang dada siapapun nanti yang memenangkan kontestasi Pilkada Kalteng Tahun 2020 dan berharap Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur ini dapat berjalan dengan sukses, lancar, aman dan damai.

Untuk partisipasi pemilih, dikatakannya, bahwa kondisi pandemi Covid-19 diperkirakan berpengaruh terhadap tingkat partisipasi pemilih. 

"Kita sadari juga memang ini sedang pandemi (Covid-19). Apalagi di daerah-daerah dengan korban atau kasus Covid-19 nya meningkat. Karena itu, patisipasi pemilih kita targetkan minimal bisa mencapai 65 persen se-Kalimantan Tengah," pungkasnya.[kenedy/adv]

Lebih baru Lebih lama