Insan Pers Kalteng Berduka, Wartawan Senior Barthel B Usin Meninggal Dunia

Insan Pers Kalteng Berduka, Wartawan Senior Barthel B Usin Meninggal Dunia

PALANGKA RAYA, MK - Duka mendalam bagi insan pers atau wartawan di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), karena rekan sejawat sekaligus wartawan senior Kalteng, Drs Barthel B Usin telah meninggal dunia setelah sempat dirawat di salah satu rumah sakit swasta yang ada di Kota Palangka Raya, Jumat (18/12/2020) sekitar jam 08.20 WIB.

Sontak, kabar duka kepergian pria kelahiran Tumbang Nusa 57 tahun lalu ini membuat kaget insan pers di Kalteng. Karena sebelumnya tidak ada kabar yang menyebutkan almarhum sakit.

"Sosok almarhum Barthel B Usin dikalangan jurnalis Kalteng dikenal sebagai orang yang berkepribadian ramah, supel dan berjiwa sosial yang tinggi," ungkap Darity Hildan yang juga wartawan senior di Bumi Tambun Bungai.

Selain itu, lanjutnya, mendiang tidak pelit menularkan kemampuan jurnalistiknya kepada jurnalis-jurnalis muda. Sosoknya menjadi panutan, bukan hanya bagi insan pers tapi bagi semua kalangan.

Sekilas awal karirnya sebagai 'kuli tinta', Barthel tergabung di LKBN Antara. Kemudian pindah menjadi wartawan koran Sinar Harapan di Jakarta. Karena sesuatu kejadian di era orde baru, koran tersebut dibredel. 

Tetap survive di media, Barthel muda menjalani tugas jurnalistiknya di Suara Pembaruan Jakarta sebagai asisten redaktur desk ekonomi.

Dianggap cakap bekerja, dua tahun kemudian, Barthel dipromosikan menjadi redaktur ekonomi. Tiga tahun kemudian, atas permintaannya sendiri, Barthel minta ditempatkan di tempat kelahirannya sebagai kepala perwakilan Kalteng.

Terakhir Barthel mendirikan perusahaan pers PT Dayak Pos Karya Mandiri sebagai badan hukum media online DayakNews.com dan dinyatakan lulus verifikasi faktual oleh Dewan Pers.

Sementara, di luar dunia jurnalistik, Barthel juga aktif sebagai pengurus diberbagai organisasi. Di antaranya tercatat sebagai salah satu pendiri Gapeksindo dan pengurus di HIPMI serta Kadin Kalteng termasuk jadi pengurus di Partai Golkar Kalteng.

Empat hari sebelum menghembuskan nafas terakhirnya, Senin 14 Desember 2020, Barthel terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Umum Kadin Kalteng periode 2020-2025 menggantikan H Tugiyo Wiratmojo.

Belum sempat menunaikan tugasnya di Kadin Kalteng, Barthel lebih dahulu dipanggil Tuhan Yang Maha Kuasa karena sakit yang dideritanya.[kenedy]

Lebih baru Lebih lama