Menuju Daerah Wisata, Pemkab Kotabaru Kembangkan Potensi Alam dan Kerajinan

Menuju Daerah Wisata, Pemkab Kotabaru Kembangkan Potensi Alam dan Kerajinan

KOTABARU, MK - Cukup banyak destinasi wisata di Kabupaten Kotabaru, khususnya wisata pantai dan gunung. Potensi ini patut dikembangkan secaea maksimal untuk menarik perhatian masyarakat lokal maupun luar untuk berkunjung.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kotabaru, Khairian Ansari mengatakan, potensi yang ada di wilayah Kotabaru cukup beragam, di antara yang lebih menonjol potensi alam yang masih asri plus pengrajin bahan lainnya.

"Kita memiliki alam yang asri dan para pengrajin dan sebagainya. Ini menjadi potensi yang terus kita kembangkan," tutur Khairian kepada awak media, Jumat (27/11/2020).

Menurutnya, pengembangan potensi tersebut juga sangat serius mengembangkan potensi wisata itu. Ini dapat dilihat dari gotong royong yang digelar warga secara swadaya dalam menyiapkan fasilitas penunjang, di antaranya mempercantik dan memfungsikan wisata yang ada.

Dari segi alam, lanjut Khairian, memiliki alam yang asri. Artinya masih banyak yang belum terjamah oleh tangan-tangan nakal manusia. Kotabaru sendiri merupakan daerah pantai yang luas dan air laut membiru membentang di pinggiran pantai, sehingga sangat potensial dijadikan wisata.

"Makin ke dalam, pemandangannya makin terlihat dan penuh tantangan dengan bentangan ombak. Untuk wisata pegunungan, seperti gunung Mamake dan Bukit Meranti memperlihatkan keindahan tersendiri dengan pemandangan laut selat kotabaru," paparnya.

Ia berharap dengan adanya potensi ini ke depan ada perhatian khusus pemerintah melalui dinas terkait dalam pengembangan wisata di Kotabaru agar lebih baik lagi. Tentunya ini perlu promosi maupun pengembangan selanjutnya.

"Kotabaru juga masih memiliki dan memegang erat budaya khas Dayak, Banjar dan suku Bugis. Kita berharap perlunya perhatian seluruh stakeholder untuk pengembangan wisata ini," tutup Khairian.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama