Maknai Hari Pahlawan, Plt Walikota Ziarahi 2 Monumen

Maknai Hari Pahlawan, Plt Walikota Ziarahi 2 Monumen

BANJARMASIN, MK - Peringatan Hari Pahlawan 10 November digelar Pemerintah Kota Banjarmasin bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Selasa (10/11/2020).

Ini ditandai dengan ziarah ke dua tempat, tepatnya di Tugu 9 November di Kelurahan Banua Anyar, Kecamatan Banjarmasin Timur serta Monumen Pahlawan di Kelurahan Antasan Besar, Kecamatan Banjarmasin Tengah.

Diawali upacara, ziarah di Tugu 9 November dipimpin Dandim 1007/Banjarmasin, Kolonel Czi M. Leo Pola Ardiansa S. Sedang peringatan di Monumen Pahlawan dipimpin Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Rachmat Hendrawan.

Plt Walikota Banjarmasin, H Hermansyah dalam kegiatan ini turut mendoakan para pahlawan yang gugur dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia, tak terkecuali yang gugur mempertahankan Kota Seribu Sungai agar mendapat tempat yang layak di sisi Allah subhanahu wata'ala.

"Kita yang ditinggalkan meneruskan perjuangan mereka, kemudian momentum Hari Pahlawan ini untuk mempererat rasa persatuan," terang H Hermansyah usai ziarah.

Ia mengungkapkan, perjuangan para pahlawan bukan hanya merebut kemerdekaan, melainkan juga berjuang agar Bangsa Indonesia bisa sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia.

"Kita berharap generasi ini meneruskan perjuangan itu. Bagaimana agar Indonesia ini bisa jaya, makmur, sejahtera, Ya salah satunya dengan kita bersama-sama bersatu termasuk dalam pemulihan ekonomi saat Pandemi seperti ini," jelasnya.

Lantaran di masa pandemi, ziarah ini tentunya tetap memperhatikan protokol kesehatan (prokes) dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan membatasi peserta.

Rute kegiatan sendiri diawali dengan berkumpul di depan Balaikota Banjarmasin, dilanjutkan menuju Tugu 9 November dan selanjutnya ke Monumen Pahlawan dengan agenda yang sama, peletakkan karangan bunga.[rilis/mia]

Lebih baru Lebih lama