Kunjungi Tanbu, Tim Satu Wasaka Nilai Sanitasi dan Air Minum

Kunjungi Tanbu, Tim Satu Wasaka Nilai Sanitasi dan Air Minum

BATULICIN, MK - Tim Penilai Sanitasi dan Air Minum Tuntas Waja Sampai Kaputing (Satu Wasaka) Award tahun 2020 bertandang ke Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu). Kedatangan tim ini disambut di Ruang Rapat Bersujud I Lantai 3 Kantor Bupati, Rabu (20/10/2020).

Tampak Wakil Bupati Tanbu, H Ready Kambo didampingi Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Hj Mariani, Sekretaris Bappeda Tanbu, Ahmad Sobari menyambut kedatangan mereka.

Kedatangan Tim Penilai Satu Wasaka yang bertujuan untuk melakukan peninjauan ini sangat diapresiasi Wabup Ready.

“Pemerintah daerah menyambut baik sebagai upaya peningkatan Sanitasi dan Penyediaan Air Minum di Kabupaten Tanah Bumbu, baik secara kualitas maupun kuantitasnya,” tutur Ready.

Ready berharaptim Penilai Satu Wasaka dapat memberikan bimbingan, arahan dan pembinaan. Ini sebagai upaya dalam mewujudkan keberhasilan pembangunan bidang Sanitasi dan Penyediaan Air Minum guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Bumi Bersujud.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Satu Wasaka Award, Ir Agung Dewanto yang juga merupakan Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Kalimantan Selatan mengatakan, sektor sanitasi dan air minum adalah satu sektor yang sangat krusial, karena lansung menyentuh masyarakat berkaitan dengan hajat hidup orang banyak.

Tim Satu Wasaka Award yang hadir ke Tanbu disebut juga Tim Pelangi, karena tim tersebut terdiri dari berbagai responden berbeda-beda yang akan menanyakan setiap poin penilaian perihal Satu Wasaka.

Agung berharap Pokja yang melakukan perjuangan sektor sanitasi dan air minum bisa terangkat. Selama ini lebih banyak berperan di belakang layar dan jarang dipublis, sehingga perjuangan pokja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) sudah sepatutnya mendapatkan penghargaan dari pemerintah.

Rangkaian acara diisi beberapa sesi di antaranya, sesi persentasi yang disampaikan Asisten Bupati Bidang Pemerintahan dan Kesra, Hj Mariani dilanjutkan diskusi dan tinjauan langsung ke lapangan dengan sasaran PDAM Tanah Bumbu, TPA Sungai Dua, dan Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) Karang Indah Kecamatan Angsana.

Adapun, pada tahun 2019 lalu Kabupaten Tanah Bumbu sejajar dengan Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar karena berhasil meraih penghargaan Satu Wasaka Award yang penyerahannya bersamaan dengan Hari Jadi Kalimantan Selatan ke-70.[joni]

Lebih baru Lebih lama