Kembali, PDAM Palangka Raya Berikan Pemasangan Gratis

Kembali, PDAM Palangka Raya Berikan Pemasangan Gratis

PALANGKA RAYA, MK - Sedikitnya 550 sambungan pelanggan baru bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) ditargetkan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) secara gratis pada tahun 2021.

Direktur PDAM Palangka Raya, Budi Harjono mengatakan bahwa pihaknya sudah mengajukan untuk program pemasangan baru bagi MBR tahun 2021 disetujui.

Dilanjutkannya, untuk program tersebut masyarakat Kota Cantik Palangka Raya sangat antusias apalagi hingga saat ini sudah mencapai 250 orang yang mendaftar.

"Ayo bagi masyarakat yang ingin mengikuti program ini, segera mendaftar karena batasnya hingga 31 Okotober 2020 dan kita dianggarkan Rp1,5 miliar oleh Kementerian Keuangan," tuturnya, Senin (12/10/2020).

Walaupun, lanjutnya, nantinya yang mendaftar lebih dari yang ditargetkan namun itu tidak masalah, karena nanti juga akan ada pemeriksaan atau survei ke lapangan untuk melihat kelayakan masyarakat yang akan mendapatkan program sambungan gratis tersebut.

"Pemasangan sambungan melalui program SMBR ini akan tersebar di wilayah yang ada di Palangka Raya dan akan dilaksanakan sekitar bulan Mei atau Juni 2021," ucapnya.

Dijelaskannya, untuk syarat tersebut sudah jelas rumahnya sederhana, daya listrik maksimal 1300 watt, ada jaringan PDAM dan lainnya.

Oleh karena itu, jika masyarakat yang memiliki kriteria tersebut segera mendaftar untuk mendapatkan air ledeng yang bersih dan bermutu dan terjamin kesehatannya.

"Kalau ASN tidak boleh mendaftar, ini untuk masyarakat biasa. Tahun 2020 dengan jumlah yang sama yakni 550 sudah selesai dilaksanakan akhir September kemarin," ungkapnya.

Lebih lanjut, pihaknya tinggal menunggu tim yang akan mengecek pekerjaan tersebut, jika diterima semuanya baru dibayarkan oleh kementerian yang mana anggaran itu sudah ditalangi oleh Pemerintah Daerah sebesar Rp1,5 miliar.

"Dana program ini didapat dari hibah kementerian tapi untuk sementara akan ditutupi dulu oleh Pemerintah Daerah dengan bentuk penyertaan modal. Ketika pencairan dari kementerian nanti dana itu akan dikembalikan," tegasnya.

Bahkan, tambahnya, di tahun 2021 nanti juga ada program dari Dinas PU terkait pemasangan baru juga sebanyak 200 sambungan. Jadi jika ditotal untuk tahun 2021 mencapai 750 pemasangan baru secara gratis.

"Jika secara reguler pemasangan baru ini mencapai Rp1,1 juta, jadi jangan sia-siakan kesempatan ini. Pada tahun 2020 ini yang paling banyak di Kecamatan Jekan Raya dan Pahandut yang mendapatkan program ini," pungkasnya.[kenedy]

Lebih baru Lebih lama