Disbudpar Pulpis Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Ekowisata

Disbudpar Pulpis Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Ekowisata

PULANG PISAU, MK - Sebanyak 40 peserta dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan pelaku usaha di wilayah Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), mengikuti pelatihan pemandu Wisata Ekowisata.

Kegiatan digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Pulang Pisau, di Aula Bappedalitbang kabupaten setempat, Rabu (14/10/2020). 

Acara berlangsung selama tiga hari sejak Rabu ini hingga Jumat 16 Oktober 2020.

Hadir dalam pelatihan tersebut, Kepala Dinas Budpar Provinsi Kalteng, Guntur Taladjan, dengan narasumber dari DPD HPI Kalteng, dan Bidang Pelestarian Alam HPI kota Palangka Raya.

"Kegiatan ini untuk peningkatan SDM sektor industri pariwisata, sekaligus meningkatkan kinerja serta daya saing bagi pembangunan kepariwisataan daerah, khususnya di wilayah Pulpis," ucap Guntur kepada awak media, usai acara pembukaan pelatihan pemandu wisata ekowisata.

Kemudian, disampaikan Kabid Pemasaran dan Promosi Disbudpar Pulang Pisau, Riduansyah saat membacakan sambutan Plt Bupati Pulang Pisau, Pudjirustaty Narang, bahwa pemandu wisata atau guide merupakan salah satu jenis usaha pelayanan jasa di bidang hubungan masyarakat sebuah destinasi untuk mempromosikan, memasarkan, mengantar pariwisata lokal maupun mancanegara dalam memperkenalkan objek-objek destinasi wisata atau wahana wisata yang ada di daerah masing-masing.

"Dari itu kita gelar pelatihan ini, karena kita ketahui masih banyak pemandu wisata atau guide ini yang masih belum belum memahami cara menjadi pemandu wisata yang baik," ucap Riduansyah.

Lebih lanjut, kata Riduan, Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau sangat setuju dan mendukung sepenuhnya atas kegiatan pelatihan pemandu wisata ekowisata. 

"Sebab, kegiatan ini salah satu cara pemerintah untuk melatih SDM di bidang pemandu wisata, baik itu wisata alam maupun wisata buatan. Ini juga akan meningkatkan ekonomi masyarakat di bidang pengelolaan destinasi wisata," terangnya.

Atas terlaksananya kegiatan ini, Pemkab Pulang Pisau berharap seluruh peserta yang mengikuti pelatihan tersebut wawasannya bertambah serta mengetahui bagaimana menjadi pemandu wisata yang baik untuk mempromosikan keunggulan objek wisata di Kabupaten Pulang Pisau ini secara khusus.

"Jadi, ikuti pelatihan ini dengan sebaik mungkin. Tetap utamakan protokol kesehatan, jaga imunitas tubuh, jaga jarak, pakai masker dan sering cuci tangan. Karena saat ini kita masih dilanda wabah Covid-19," tutupnya.[manan]

Lebih baru Lebih lama